Thursday , April 25 2024
Pilhan Cara Merekam Zoom di Laptop Sebagai Peserta, Simak di Sini!
pixabay.com

Pilhan Cara Merekam Zoom di Laptop Sebagai Peserta, Simak di Sini!

Cara merekam Zoom di laptop sebagai peserta masih jarang orang ketahui. Memang Zoom sendiri menyediakan fitur rekam layar, tetapi memang hanya untuk moderator atau pemilik rang meeting. Padahal, sebenarnya siapapun juga bisa melakukan rekam layar.

Host atau moderator meeting biasanya dapat menetapkan pengguna sebagai host alternatif atau co-host sehingga dapat melakukan rekam layar. Namun, bukan berarti hanya host dan co-host tersebut saja yang bisa melakukannya.

Dengan melakukan beberapa cara alternatif, maka Anda bisa bebas melakukan rekam layar Zoom di laptop. Simak berikut ini penjelasannya.

Pilihan Cara Merekam Zoom di Laptop Sebagai Peserta!

Zoom menjadi platform yang sangat melejit beberapa tahun terakhir. Platform ini memungkinkan untuk para penggunanya melakukan pertemuan atau meeting secara online.

Banyak orang yang memilih untuk menggunakan aplikasi Zoom karena memiliki berbagai kelebihan. Fitur-fitur yang ada di dalam Zoom sesungguhnya sangatlah menarik dan menguntungkan para penggunanya.

Dengan Zoom, Anda bisa melakukan pertemuan online dengan jumlah peserta yang sangat banyak, bahkan bisa mencapai ratusan. Hal ini tentunya menjadi keunggulan nomor satu karena tidak semua aplikasi meeting memiliki fitur ini.

Pada saat melakukan meeting di Zoom, Anda bisa melakukan banyak hal seperti halnya meeting offline biasa. Contohnya adalah melakukan split screen untuk presentasi, mic on untuk saling berkomunikasi, dan lain sebagainya.

Pada Zoom juga akan ada host atau moderator. Host atau moderator tersebut adalah mereka yang membuat ruang meeting online tersebut. Sang host memiliki kendali penuh terhadap ruang miskin, termasuk merekam layar selama meeting berlangsung.

Biasanya merekam layar sangat penting sebagai dokumentasi. Selain itu, rekam layar saat pertemuan Zoom juga membuat materi yang ada di dalamnya dapat peserta saksikan berulang kali meski meeting sudah berakhir.

Itulah kenapa, rekam Zoom yang hanya bisa dilakukan host cukup disayangkan. Namun begitu, maka Anda tidak perlu khawatir terlebih dahulu. Ada beberapa cara merekam Zoom di laptop sebagai peserta yang bisa dilakukan.

Merekam Layar di Laptop sebagai Peserta Zoom Meeting Tanpa Bantuan Pihak Ketiga

Pertama, Anda pastinya bisa melakukan rekam layar melalui fitur yang ada di dalam platform Zoom ini. Cara melakukannya adalah:

1. Klik Tombol Record

Ketika Anda sudah berhasil bergabung ke dalam sebuah meeting di laptop, maka akan terdapat tombol ‘Record’. Kemudian, Anda bisa langsung klik tombol tersebut akan rekam layar dimulai.

2. Klik Tombol Pause/Stop untuk Berhenti Merekam

Apabila Anda ingin menjeda cara merekam Zoom di laptop sebagai peserta, klik tombol ‘Pause/Stop Recording’ yang tersedia di bagian bawah. Ketika Zoom meeting ditutup karena sudah berakhir, maka rekaman tersebut juga akan secara otomatis tersimpan di dalam laptop.

Jadi, Anda sebenarnya tidak perlu panik apabila bila belum sempat klik berhenti atau akhiri rekaman karena tidak akan hilang juga.

Sebagai informasi, cara merekam Zoom di laptop sebagai peserta melalui cara ini hanya bisa Anda lakukan ketika host sudah mengaktifkan peraturan ‘Allow Record’ untuk semua pesertanya. Apabila tidak, maka Anda juga tidak bisa merekam pertemuan tersebut dan harus menggunakan pihak ketiga.

Cara Merekam Zoom Meeting Sebagai Peserta di Laptop Tanpa Aplikasi

Anda juga bisa merekam pertemuan Zoom tanpa aplikasi tambahan. Jika melalui hp Anda harus mengakses Zoom melalui versi aplikasinya, maka tidak dengan laptop. Melalui laptop, Anda bisa mengunduh versi web dari Zoom sehingga tidak perlu mengunduh perangkat lunak lagi.

Apabila Anda membuka Zoom versi web di laptop, maka bisa memanfaatkan Apowersoft. Ini merupakan alat yang dapat Anda gunakan sebagai cara merekam Zoom di laptop sebagai peserta. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Bukalah halaman Zoom dan juga halaman Apowersoft.
  • Kemudian, di halam tersebut akan ada pilihan ‘Mulai Merekam’. Klik pilihan tersebut dan kemudian pilih ‘Unduh Peluncur’ untuk memungkinkan perekam layar Apowersoft berfungsi.
  • Setelah itu, maka unduh dan instal peluncur tersebut di PC Anda dengan membuka file dan menginstalnya sesuai instruksi di layar.
  • Masuk ke dalam halaman Perekam Layar Online Gratis Apowersoft dan klik ‘Mulai merekam’ dalam cara mereka zoom di laptop sebagai peserta.
  • Masuk kembali ke aplikasi Zoom.
  • Pilih jendela yang perlu Anda rekam dengan klik ikon bingkai pada toolbar perekam dan pilihlah layar rapat Zoom sebagai area perekaman.
  • Periksa kembali sumber audio agar diatur ke ‘Suara sistem dan mikrofon’ setelah klik ikon mikrofon pada toolbar sebelum melakukan cara merekam Zoom di laptop sebagai peserta selanjutnya.
  • Terakhir, klik tombol ‘REC’ berwarna merah pada toolbar perekam untuk memulai perekaman.

Merekam Zoom di Laptop dengan Aplikasi OBS Studio

Selain kedua cara merekam Zoom di laptop sebagai peserta di atas, Anda juga melakukannya dengan bantuan aplikasi lain, seperti OBS Studio. OBS Studio merupakan aplikasi screen recording atau perekam layar terbaik yang dapat Anda akses di laptop.

Aplikasi ini mendukung untuk digunakan di semua sistem operasi laptop, mulai dari Windows yang palingumum, Linux, dan bahkan MacOS. Dengan OBS Studio, hasil rekam layar Zoom Anda akan memiliki kualitas HD terbaik.

Keunggulan lainnya dari OBS Studio adalah mendukung berbagai macam fitur yang sangat mendukung Anda untuk melakukan screen recording. Sehingga, Anda akan lebih mudah dalam mengedit dan menyesuaikan perekaman agar hasilnya sesuai keinginan.

Merekam Zoom di Laptop dengan Aplikasi Screencast-O-Matic

Aplikasi perekam layar selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk merekam pertemuan atau meeting di Zoom adalah Screencast-O-Matic. Ini merupakan aplikasi yang digandrungi banyak orang.

Apabila menggunakan aplikasi ini, maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun. Itu karena aplikasi Screencast-O-Matic tersedia secara gratis. Jadi, Anda bebas menginstal dan menggunakannya untuk merekam layar Zoom kapan saja.

Hanya saja, cara merekam Zoom di laptop sebagai peserta menggunakan aplikasi Screencast-O-Matic ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa merekam dalam durasi yang lama. Aplikasi ini hanya mendukung rekam layar selama 15 menit dan juga memiliki watermark di hasil rekaman tersebut.

Kedua hal itu mungkin merupakan kekurangan yang cukup sepele, tetapi untuk sebagian orang itu adalah hal yang fatal. Sebab, pastinya Anda harus berkali-kali merekam ulang jika meeting berlangsung lama. Apalagi watermark pada video juga seringkali mengganggu.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Merekam Zoom

Sebelum melakukan rekam layar, sebenarnya Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal. Salah satu yang tidak bisa Anda lupakan adalah audio. Jangan sampai nantinya Anda merekam Zoom tetapi tidak ada suaranya.

Selain itu, pilihlah aplikasi perekam dari pihak ketiga yang aman. Jangan pernah tergiur hanya karena aplikasi tersebut gratis. Saat ini sudah ada banyak aplikasi rekam layar laptop gratis dan aman seperti yang disebutkan di atas. Dengan itu, maka Anda bisa melakukan cara merekam Zoom di laptop sebagai peserta dengan lebih mudah dan pastinya tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun.

Check Also

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

4 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Jaga Privasi dan Keamanan 

iPhone merupakan salah satu merk smartphone yang selalu memiliki banyak peminat. Dengan demikian pengguna iPhone …