Thursday , April 18 2024
Cara Merestart Laptop dengan Keyboard
pixabay.com

Cara Merestart Laptop dengan Keyboard, Tidak Membuat Data Hilang!

Cara merestart laptop dengan keyboard, penting untuk Anda ketahui! Restart merupakan suatu perintah untuk menghentikan sementara, sistem yang sebelumnya berjalan. Kemudian memulai kembali dari awal.

Perintah ini sangat umum digunakan saat terjadi kendala atau masalah pada sistem. Terlebih ketika laptop memuat banyak data, serta menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan.

Cara Merestart Laptop dengan Keyboard
pixabay.com

Ini Dia Beberapa Cara Merestart Laptop dengan Keyboard, Mudah dan Cepat!

Laptop menampung berbagai program yang mampu berjalan beriringan. Masing-masing program ini, memiliki fungsi serta andil yang berbeda. Dari penjelasan tersebut, bisa Anda simpulkan bahwa laptop terdiri dari banyak sistem kerja, namun masih berada dalam satu kesatuan.

Seiring dengan perkembangannya, laptop masa kini sudah dirancang sedemikian rupa. Sehingga pengguna bisa bekerja maksimal tanpa perlu membuka tutup aplikasi.

Namun terkadang, ketika terjadi suatu kegagalan pada aplikasi yang sedang dijalankan. Gangguan tersebut bisa berdampak pada aplikasi yang lain. Sehingga laptop menjadi not responding dan tidak mampu bekerja sebagaimana mestinya.

Gangguan tersebut bisa berupa pembekuan program, crash, overheating hingga slugging kinerja. Dengan merestart laptop, memungkinkan sistem kembali normal dan bisa melakukan aktivitasnya lagi. Agar semakin jelas, silahkan simak cara merestart laptop dengan keyboard berikut ini.

1. Cara Merestart Laptop dengan Keyboard Kombinasi Alt + F4

Cara pertama ini, berlaku untuk laptop dengan program Windows 7 ke atas. Sehingga pada program di bawahnya kemungkinan besar tidak berlaku. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, tekan kombinasi tombol pada keyboard Alt + F4 secara bersamaan.
  2. Setelah itu akan muncul beberapa opsi di menu Power.
  3. Silahkan klik opsi Restart.
  4. Maka secara otomatis, laptop Anda akan langsung restart.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses restart selesai.
  6. Setelah prosesnya tuntas, laptop akan menyala kembali seperti semula.

2. Cara Merestart Laptop dengan Keyboard Kombinasi Ctrl + Alt + Del

Cara kedua ini, berlaku untuk laptop dengan program Windows XP ke atas. Sehingga pada program di bawahnya kemungkinan tidak bisa bekerja. Untuk melakukan restart, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pertama, tekan tombol pada keyboard Ctrl + Alt + Del di laptop Anda secara bersamaan.
  2. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan di menu Power.
  3. Klik pada opsi Restart.
  4. Maka secara otomatis laptop Anda akan langsung restart.
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses restart selesai, dan laptop kembali menyala.

3. Cara Merestart Laptop dengan Keyboard Kombinasi Alt + F4 + R

Cara ini juga berlaku pada laptop dengan program Windows XP. Restart menggunakan kombinasi tombol keyboard ini, hampir sama dengan langkah-langkah sebelumnya. Berikut uraian lengkapnya untuk Anda.

  1. Pertama, tekan secara bersamaan kombinasi tombol Alt + F4 + R pada keyboard.
  2. Setelah muncul beberapa petunjuk di layar laptop, silahkan pilih Restart.
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses restart benar-benar selesai.

4. Cara Merestart Laptop dengan Keyboard Kombinasi Alt + F4 > R > Enter

Cara ini mungkin tampak lebih rumit. Namun, bisa menjadi alternatif jika langkah-langkah sebelumnya tidak bisa berhasil. Berikut uraian lengkapnya.

  1. Pertama, silahkan tekan kombinasi tombol Alt + F4 > R > Enter secara bersama-sama.
  2. Saat muncul beberapa opsi di layar, lanjutkan dengan pilih Restart.
  3. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya berhasil, dan laptop kembali menyala.

5. Cara Merestart Laptop dengan Keyboard Kombinasi Windows + X

Sama seperti sebelumnya, namun pada cara ini menggunakan kombinasi tombol keyboard Windows + X. Agar semakin jelas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, tekan secara bersamaan keyboard Windows + X di laptop Anda.
  2. Setelah muncul beberapa opsi, silahkan pilih Shutdown or Sign Out.
  3. Kemudian klik Restart.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses restart selesai, dan laptop kembali menyala.

Manfaat Restart pada Laptop

Seperti sudah tertera di atas tadi, restart sendiri merupakan langkah praktis untuk mematikan laptop. Kemudian secara otomatis perangkat tersebut bisa hidup sendiri, tanpa perlu menekan tombol power. Adapun fungsi restart laptop bisa Anda simak melalui ulasan di bawah ini.

1. Mengatur Ulang Sistem Perangkat

Dengan adanya berbagai aplikasi yang berjalan beriringan, membuat sistem pada laptop semakin tidak teratur. Bahkan, kegagalan proses yang sedang berjalan, bisa mengganggu aplikasi lain. Sehingga perangkat laptop menjadi lemot dan nge-lag.

Gangguan tersebut bisa Anda atasi dengan merestart laptop. Untuk mengatur ulang terutama pada sistem perangkat, tanpa perlu menghapus data-data yang ada.

2. Meningkatkan Kinerja Sistem

Ketika laptop digunakan, semua program serta proses di latar belakang akan meninggalkan sampah. Sampah tersebut dalam bahasa perangkat populer dengan istilah “cache”. Tentunya, cache ini sangat perlu dibersihkan. Karena kalau tidak, keberadaannya bisa mengganggu proses kerja di perangkat.

Bahkan, cache mampu membuat program tertutup dengan sendirinya. Sehingga Anda tidak bisa membuka kembali program tersebut. Hal ini tentu sangat merugikan.

Cara efektif dan mudah untuk membersihkan sampah-sampah itu adalah dengan restart. Ketika laptop mati, program macet itu pun akan berhenti seketika. Maka secara otomatis sampah-sampah pada file sementara, akan ikut hilang dan terhapus. Setelah proses restart berhasil, program akan normal dan lancar kembali.

3. Membantu Menghilangkan Kode Aneh pada Sistem

Proses restart juga bisa membantumu menghilangkan peringatan kode tertentu, yang sering muncul di layar monitor. Proses ini berlaku juga pada program-program 3rd-parti, misalnya saja web browser.

4. Mendeteksi Kerusakan pada Hardware

Proses restart juga berfungsi untuk mendeteksi adanya gangguan pada hardware maupun driver. Situasi kritis ini, umumnya dimulai dengan “Blue Screen of Death” atau ngeblank. Selain itu, indikator kerusakannya juga bisa ditandai dengan munculnya beberapa kode kesalahan.

Apabila peringatan itu muncul, ketika Windows tidak bekerja sama sekali untuk menangani kesalahan programnya. Maka, Anda bisa mengembalikan ke situasi normal dengan proses restart.

5. Mengatasi Internet yang Tidak Bisa Terhubung

Ketika sambungan internet yang Anda butuhkan ketika melakukan browsing, tidak mampu tersambung dengan baik. Hal ini tentu semakin mengganggu proses kerja. Namun tidak perlu cemas, Anda bisa restart laptop untuk melakukan penyegaran kembali.

Apakah Restart Laptop Bisa Membuat Data Hilang?

Banyak orang bertanya-tanya akan hal ini. Namun perlu dipahami, bahwa jawabannya adalah tidak sama sekali. Proses restart hanya mematikan perangkat sementara, kemudian menyala kembali tanpa menghapus data di laptop.

Beberapa data atau file yang gagal dimuat akan dijalankan ulang setelah restart selesai. Apabila timbul masalah hingga ada data atau file yang hilang, bisa jadi karena faktor virus dan gangguan lainnya. Proses restart sendiri tidak begitu mempengaruhi.

Sehingga restart tetap aman dilakukan, dan menjadi solusi praktis saat laptop mengalami kendala, pada softwarenya maupun hardwarenya.

Sekian ulasan tentang cara merestart laptop dengan keyboard, yang bisa Anda coba ketika mengalami gangguan pada perangkat. Semoga tulisan ini bisa memberikan tambahan referensi yang bermanfaat.

Check Also

Cara Membersihkan Karpet Permadani Tanpa Merusak Kualitasnya

Cara Mereset Ulang Laptop dengan Langkah yang Bisa Dipilih!

Cara mereset ulang laptop pada dasarnya memiliki beberapa langkah. Ketika ingin mencoba cara yang biasanya …