Tuesday , April 23 2024
Cara Merekam Suara di HP Tanpa Aplikasi
Pixabay.com

Mudah! Ini Dia Cara Merekam Suara di HP Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara merekam suara di HP tanpa aplikasi, menarik untuk Anda simak! Merekam suara merupakan kegiatan input audio melalui suatu media, kemudian menyimpannya ke dalam perangkat. Cara merekam suara sendiri bisa dilakukan menggunakan HP.

Cara Merekam Suara di HP Tanpa Aplikasi
pixabay.com

Ini Dia Cara Merekam Suara di HP Tanpa Aplikasi Tambahan

Kegiatan ini sudah sering orang-orang lakukan, untuk merekam suara apapun sesuai kebutuhan mereka. Bahkan, cara merekam suara di HP terbilang sangat mudah. Pengguna tidak perlu mencari aplikasi tambahan, cukup memanfaatkan fitur bawaan yang sudah tersedia di HP saja.

Langkah ini tentunya semakin menghemat ruang penyimpanan, serta tidak membutuhkan kuota tambahan untuk install aplikasi di Play Store. Nah, bagi Anda yang belum tahu cara merekam suara di HP tanpa aplikasi, silahkan simak uraian di bawah ini.

  1. Pertama, silahkan buka HP Anda, kemudian cari Voice Recorder atau Perekaman Suara. Fitur perekaman suara bawaan selalu ada di HP apapun, sehingga pengguna tinggal pakai.
  2. Buka fitur tersebut, kemudian tekan tombol bulat berwarna merah untuk memulai rekaman. Umumnya tombol merah berada di tengah layar, namun bisa berbeda di setiap tipe HP.
  3. Untuk menjeda, Anda bisa memilih tombol Pause.
  4. Klik tombol kotak di sebelah lingkaran merah untuk menghentikan rekaman suara.
  5. Kemudian, lanjutkan menyimpan rekaman suara dengan memilih opsi Save Recording.
  6. Cara merekam suara di HP tanpa aplikasi yang terakhir, adalah memberi nama file untuk hasil rekaman tersebut.

Mendengarkan Hasil Rekaman Suara di Penyimpanan

Nah, setelah memahami cara merekam suara di HP tanpa aplikasi, sebagian orang terkadang masih bingung mencari hasil file rekaman mereka. Untuk mempermudah pencarian, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, Anda bisa pergi ke File Manager.
  2. Setelah seluruh tampilannya muncul, klik item Audio. Kategori Audio ini merupakan ruangan khusus, yang mampu menampung semua hasil rekaman suara.
  3. Anda bisa melihat file rekaman suara dengan format khusus Audio.
  4. Nah, selanjutnya tinggal memilih sesuai nama file yang Anda buat ketika menyimpan.

Cara Membagikan Hasil Rekaman Suara

Jika Anda tertarik membagikan hasil rekaman suara, barangkali kepada teman, saudara atau kerabat, silahkan mengikuti cara mudahnya berikut ini.

  1. Pertama, buka fitur Voice Recorder.
  2. Kemudian pilih menu List tepat di bagian pojok kanan atas pada layar.
  3. Tap dan tahan beberapa saat pada file rekaman suara tersebut.
  4. Ketika muncul beberapa opsi pada menu, lanjutkan dengan klik Share.
  5. Anda bisa membagikan hasil rekaman suara melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp, DM Instagram maupun Facebook Messenger.

Cara Menghapus File Rekaman Suara

Selain penting untuk mengetahui cara merekam suara di HP tanpa aplikasi. Anda tentu juga wajib memahami cara menghapus file tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi file yang sudah tidak terpakai dan menumpuk di folder penyimpanan. Agar lebih jelas, silahkan simak uraian di bawah ini.

  1. Pertama, seperti biasa Anda harus membuka fitur Voice Recorder di HP
  2. Kemudian pilih pada menu List di bagian pojok kanan atas layar.
  3. Tap dan tahan sebentar pada file rekaman tersebut.
  4. Saat muncul beberapa opsi di menu, lanjutkan dengan klik Delete. Biasanya, opsi Delete ditandai dengan gambar tempat sampah.

Penyebab Hasil Rekaman Suara Tidak Jernih

Merekam suara yang bagus, adalah ketika Anda mendapatkan hasil stabil.  File audionya terdengar jelas, keras dan jernih. Sehingga enak dan nyaman masuk di telinga. Bisa Anda bayangkan jika merekam suara dengan hasil yang tidak jelas, tentu akan sangat menyebalkan.

Meski sudah memakai eksternal microphone, namun terkadang audio yang dihasilkan tetap sama saja. Bahkan, lebih buruk daripada memakai microphone internal. Hal itu bisa terjadi karena adanya masalah pada proses perekaman.

Agar semakin jelas, berikut ini kami paparkan faktor-faktor penyebab, yang bisa membuat hasil rekaman suara menggunakan HP tidak jernih.

1. Microphone yang Tersumbat

Faktor penyebab yang paling umum terjadi adalah lubang pada microphone tertutup, ketika Anda melakukan proses rekaman. Mengingat lubang microphone letaknya berbeda-beda pada setiap HP, serta ukurannya yang relatif kecil. Maka sumbatan tersebut seringkali tidak nampak.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan rekaman suara, pastikan lubang microphone di perangkat HP yang anda pakai tidak tersumbat. Meski hanya microphone bawaan, namun jika suara yang Anda tangkap tepat, maka hasilnya pun tidak akan mengecewakan.

2. Microphone Eksternal Tidak Tersambung

Berbeda dengan faktor penyebab yang sebelumnya. Penyebab kedua ini berkaitan dengan penggunaan microphone eksternal. Mic eksternal bisa berfungsi dengan maksimal, jika Anda memakainya secara benar.

Seperti misalnya, Anda harus menggunakan microphone eksternal dengan konektor TRRS. Karena untuk merekam suara di HP dengan mic eksternal, hanya bisa Anda lakukan memakai konektor tipe TRRS bukan TRS.

3. Sumber Suara Terlampau Jauh

Penyebab hasil rekaman suara tidak jernih selanjutnya adalah sumbernya yang terlalu jauh. Meskipun didukung dengan adanya microphone eksternal. Namun tetap saja HP memiliki jangkauan menangkap suara yang terbatas..

Misalnya, sumber suara berada di luar jangkauan dengan jarak relatif jauh. Maka mic eksternal hanya mampu menangkap sekilas, dan suara yang masuk ke HP sangat terbatas. Hal ini tentu membuat hasil rekaman menjadi tidak jelas.

Kecuali Anda memakai microphone eksternal type wireless, yang mampu menangkap suara dalam jangkauan lebih luas.

4. Merekam Suara di Tempat Tidak Tepat

Hasil suara pada file bisa tidak jelas, jika Anda melakukan rekaman di tempat kurang tepat. Misalnya saja, tempat yang terlalu bising seperti jalan raya atau taman bermain. Hal ini tentunya akan merusak kualitas suara yang dihasilkan.

Maka dari itu, cara merekam suara di HP tanpa aplikasi untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda juga harus memperhatikan lingkungan sekitar. Agar hasil rekaman lebih baik, Anda butuh ruang khusus. Beberapa rekomendasi tempat di bawah ini, bisa Anda pilih untuk melakukan rekaman suara.

  1. Sebuah ruangan atau kamar yang nyaman, tidak harus luas namun juga jangan sempit.
  2. Pilih ruangan yang tenang dan jauh dari suara bising. Sehingga file rekaman akan fokus pada suara yang diinginkan.
  3. Pilih ruangan yang tidak memakai lantai kayu. Karena lantai berbahan kayu sangat mudah memantulkan bunyi.
  4. Hindari ruangan yang memakai pintu besi. Karena bahan besi juga bisa memantulkan suara.
  5. Pilih ruangan yang memiliki alas karpet. Karena karpet bisa membantu menyerap suara secara optimal. Sehingga mampu meminimalisir bunyi yang mungkin dipantulkan.

Itu tadi beberapa faktor yang menjadi penyebab suara dalam proses rekaman, menjadi tidak jelas dan kurang jernih. Sebaiknya, lakukan uji coba ruangan terlebih dulu sebelum rekaman. Untuk memastikan apakah pas atau tidak, ruangan tersebut digunakan.

Cukup sekian penjelasan tentang cara merekam suara di HP tanpa aplikasi tambahan, yang bisa Anda ketahui. Semoga tulisan ini bisa membantu dan memberi referensi bermanfaat!