Tuesday , April 23 2024
Ini 3 Cara Nyambungin Laptop ke TV dengan Mudah
dorangadget.com

Ini 3 Cara Nyambungin Laptop ke TV dengan Mudah

Cara nyambungin laptop ke TV bisa Anda lakukan dengan beberapa cara. Bagi Anda yang merasa bosan saat menonton film atau drama dengan menggunakan laptop yang layarnya kecil. Maka Anda bisa menghubungkannya ke TV supaya bisa menikmati pengalaman menonton yang lebih seru. Kemungkinan sebagian dari Anda kurang familiar dengan cara-cara untuk menghubungkan laptop dengan TV.

Bukan hanya bisa dipakai untuk menonton film, menyambungkan laptop ke TV juga bisa Anda gunakan menjadi media untuk presentasi. Tidak hanya memiliki layar yang besar, melainkan TV juga bisa memberikan kesan yang elegan serta profesional terhadap presentasi Anda.

Apakah Anda ingin mengetahui berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menghubungkan laptop dengan TV? Untuk itu, berikut ini cara-cara yang bisa Anda coba.

Ini 3 Cara Nyambungin Laptop ke TV dengan Mudah
dorangadget.com

Cara Nyambungin Laptop ke TV

Jika Anda merasa bosan ketika menonton atau menampilkan gambar hanya sebatas dengan ukuran layar laptop yang kecil. Kemudian, dirasa kurang memuaskan, terlebih jika Anda akan menonton bersama. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menghubungkan laptop ke TV supaya bisa menikmati film dengan layar yang cukup lebar.

Untuk menghubungkan laptop ke TV bisa Anda lakukan dengan beberapa cara. Misalnya saja memakai kabel HDMI,kabel VGA, serta USB C atau bisa juga dengan cara yang lainnya. Lantas bagaimana mengenai langkah-langkahnya?

Kabel Sambungan HDMI

Cara pertama, yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memakai kabel HDMI. Untuk bisa menghubungkan kedua perangkat dengan memanfaatkan kabel tersebut cukup mudah. Untuk cara nyambungin laptop ke TV dengan menggunakan kabel sambungan HDMI, pasalnya hanya perlu Anda pastikan bahwa TV serta laptop Anda mempunyai port kabel HDMI. Berikut ini cara menggunakan kabel HDMI dengan detail.

  1. Pertama, Anda bisa menghubungkan kabel sambungan HDMI di port masing-masing laptop serta TV
  2. Kemudian nyalakan kedua perangkat tersebut
  3. Anda bisa mengatur tombol input yang ada pada TV. Sesuaikan dengan port mana yang Anda pasang kabel HDMI menuju TV
  4. Seharusnya, Anda sudah bisa menikmati tayangan laptop Anda ke saluran TV. Hal tersebut dikarenakan biasanya, sambungan tersebut bisa terhubung dengan otomatis
  5. Jika tidak terhubung dengan otomatis,maka Anda bisa menyambung display Anda di laptop klik Start, pilih Setting, kemudian System, lalu Display. Anda bisa memilih TV
  6. Bisa juga Anda atur mengenai resolusi tayangan yang sesuai dengan layar TV

Kabel Sambungan VGA

Menghubungkan TV dengan menggunakan kabel VGA, kemungkinan sekarang ini sudah jarang untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan adanya beberapa kekurangan dalam metode menyambungkan laptop dengan TV. Penggabungan kedua perangkat tersebut menggunakan kabel VGA. Umumnya pengalaman menonton dengan kualitas pada resolusi gambar yang relatif lebih rendah.

Bukan hanya itu saja, kabel VGA juga tidak bisa melakukan transfer audio dari laptop ke TV. Hal itu membuat Anda hanya bisa melihat visual yang berada pada TV saja. Kemudian untuk mendengarkan audionya, Anda bisa melalui laptop. Jika Anda ingin mencoba cara nyambungin laptop ke TV dengan kabel VGA. Berikut ini step-step yang dapat Anda ikuti.

  1. Pertama, Anda bisa menyalakan laptop dan TV yang akan Anda sambungkan
  2. Melanjutkan sambungkan dengan kabel VGA. Jika memungkinkan Anda bisa juga menyambungnya dengan kabel audio
  3. Dapat Anda atur tombol input di remote TV. Kemudian pilih RGB atau PC
  4. Nantinya laptop akan terhubung dengan TV secara otomatis
  5. apabila tidak terhubung dengan otomatis, maka Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan laptop. Caranya klik Start> lanjut ke bagian Settings> kemudian System> Display serta pilih TV
  6. Anda bisa mengatur resolusi gambar yang sesuai dengan keinginan Anda

Memakai Kabel USB-C

Cara nyambungin laptop ke TV selanjutnya bisa memakai kabel USB-C. Pasalnya, Anda perlu memastikan bahwa tersedia kabel USB-C pada TV yang akan Anda gunakan. Apabila tidak tersedia, maka Anda perlu menyambungkan TV dengan kabel adapter. Berikut langkah-langkah untuk nyambungin laptop ke TV menggunakan kabel USB-C:

  1. Anda bisa menyambungkan kabel USB-CC pada port yang sudah tersedia pada laptop serta TV
  2. Kemudian, Anda bisa menyalakan kedua perangkat
  3. Dapat Anda atur input TV Anda dengan menggunakan remote atau menggunakan tombol yang ada pada TV
  4. Selesai, Anda bisa menonton tayangan dari laptop ke TV dengan memuaskan

Dengan menghubungkan laptop ke TV, Anda bisa memperoleh pengalaman menonton film yang lebih seru dengan layar cukup besar. Kegiatan menonton Anda akan menjadi lebih puas. Bah, bagaimana tertarik dengan cara nyambungin laptop ke TV yang disebutkan diatas? Selamat mencoba.

 

Check Also

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

4 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Jaga Privasi dan Keamanan 

iPhone merupakan salah satu merk smartphone yang selalu memiliki banyak peminat. Dengan demikian pengguna iPhone …