Tuesday , January 31 2023
Agent Contact Center
pixabay.com

Mari Mengenal Agent Contact Center Beserta 7 Tugasnya Berikut Ini!

Agent contact center menjadi suatu penghubung antara konsumen dengan perusahaan. Posisi tersebut juga akan melakukan berbagai hal seperti memberi informasi mengenai produk yang ditawarkan. Selain itu, mereka juga akan membantu memecahkan masalah maupun keluhan dari para konsumen. Tak hanya itu, agent tersebut juga mempunyai banyak tugas dan tanggung jawab yang lain. Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai profesi tersebut, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Agent Contact Center
pixabay.com

Mengenal Agent Contact Center

Pernahkah kamu memperhatikan nomor telepon pengaduan yang tertera di kemasan dalam suatu produk? Nah, itu merupakan contact center untuk menghubungi para agent perusahaan yang menangani segala keluhan para konsumen. Contact center berupa nomor telepon ini juga biasanya tertera dengan jelas dalam suatu website atau media sosial perusahaan terkait. Sehingga kamu dapat menghubungi kapan saja jika ingin mempertanyakan masalah terkait produk yang dibeli.

Tak hanya melalui telepon saja, contact center juga dapat kamu hubungi melalui email, website, video call, media sosial, dan lain sebagainya. Sehingga hal tersebut tentunya semakin memberi kemudahan para konsumennya. Perlu kamu ketahui juga, agent contact center ini juga bisa dibilang menjadi posisi garda terdepan dalam suatu perusahaan. Mereka akan selalu siap dalam menghadapi berbagai konsumen. Adapun tugas utama yang harus dilakukan para agent tersebut, diantaranya yaitu sebagai berikut ini.

Tugas Para Contact Center

Sebagai seorang contact center tentunya mempunyai tugas utama untuk melayani para konsumen dari suatu perusahaan. Mereka dituntut untuk memenuhi preferensi konsumen serta memastikan pelanggannya mendapat kepuasan. Nah, berikut ini beberapa hal yang selalu dilakukan para agent contact center.

1. Menerima panggilan melalui saluran telepon serta membalas chat atas keluhan maupun pertanyaan para pelanggan.

2. Mendengar serta menyimak keluhan para pelanggan dengan seksama.

3. Membantu dalam memberi solusi yang tepat setiap masalah yang dikeluhkan para pelanggan.

4. Memberi pelayanan yang terbaik untuk menunjang kepuasaan para pelanggan.

5. Mempromosikan kegiatan serta penjualan kepada pelanggan melalui notifikasi.

6. Menyampaikan informasi mengenai progres pemesanan melalui SMS.

7. Menjadi garda terdepan untuk merespon setiap pertanyaan yang diajukan para pelanggan serta juga menerima pendapat dari pelanggan.

Jadi, itulah serangkaian tugas dari seorang contact center. Dengan serangkaian tugas seperti itu, maka tak heran jika agent contact center selalu dituntut untuk mempunyai beberapa kemampuan supaya kinerjanya menjadi maksimal. Nah, berikut ini beberapa skill yang haru dikuasai untuk menempati posisi contact center.

Skill yang Harus Dikuasai Untuk Posisi Contact Center

Ketika ingin menempati posisi bidang contact center, maka calon pekerja harus menguasai beberapa skill. Seperti yang sudah dijelaskan, posisi contact center ini menjadi garda terdepan untuk menangani keluhan serta pertanyaan para konsumen. Nah, berikut ini beberapa skill yang wajib dikuasai.

1. Komunikatif

Kemampuan yang harus dimiliki seorang contact center yaitu komunikatif atau pandai dalam berkomunikasi. Hal tersebut dikarenakan pekerjaan yang dijalaninya selalu berhubungan dengan konsumen melalui telepon. Mereka juga dituntut untuk bijak dalam memberi informasi terkait produk yang ditawarkan kepada para konsumen.

2. Mempunyai Pengetahuan Produk Dengan Baik

Seorang contact center juga diwajibkan untuk dapat memberi informasi detail mengenai produk yang ditawarkan. maka dari itu, mempunyai pengetahuan produk dengan baik juga menjadi suatu hal yang wajib dikuasai. Dengan begitu, konsumen akan merasa puas mengenai penjelasan detail yang ditawarkan dari perusahaan tersebut.

3. Cepat Tanggap

Agent contact center juga dituntut untuk mempunyai kemampuan yang cepat tanggap. Sehingga semua masalah yang dikeluhkan para pelanggan akan langsung diterima dengan baik oleh para contact center. Setelah itu, contact center langsung dapat memberi solusi yang tepat.

4. Problem Solving

Problem solving ini juga wajib dikuasai para contact center. Seperti yang sudah dijelaskan, contact center tentunya selalu bertugas untuk memberikan solusi terbaik kepada para konsumen. Selain itu, contact center juga harus mempunyai skill untuk berpikir cepat ketika menghadapi situasi serta permasalahan yang tak tertebak.

5. Customer-Centered Mindset

Untuk menempati posisi contact center juga perlu menguasai Customer-centered mindset. Dengan kata lain, mereka harus mempunyai pola pikir dalam menghadapi perubahan suatu pemasaran produk. Selain itu, juga perlu pandai dalam membuat pilihan terbaik terkait apa yang disampaikan. Reaksi maupun aksi yang dilakukan juga harus selalu positif, sehingga kepuasaan pelanggan akan terjamin.

Demikian informasi mengenai agent contact center beserta tugasnya. Apakah kamu tertarik untuk menempati posisi tersebut? Nah, jika iya, maka kamu perlu menguasai beberapa skill seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dengan begitu, kamu akan mudah untuk diterima perusahaan lalu ditempatkan untuk menjadi seorang contact center.