Tuesday , January 31 2023
Agen Call Center
unsplash.com

Agen Call Center Biar Pelanggan Puas, Wajib Punya 7 Skill Berikut Ini

Agen call center menempati posisi penting pada suatu perusahaan. Mereka bertindak sebagai garda terdepan yang berinteraksi langsung dengan para klien.

Terlebih di era digital saat ini, tentu peran yang diberikan bukan main-main lagi. Pasalnya, melalui call center atau contact center inilah terlihat wajah brand bisnis atau profil perusahaan sesungguhnya. Dan ini menjadi salah satu strategi jitu untuk menaikkan pelayanan bisnis kepada klien.

Agen Call Center
unsplash.com

7 Skill yang Wajib Ada Dalam Diri Agen Call Center

Ada beberapa kriteria untuk menempati posisi sebagai call center atau pusat panggilan. Mulai dari kepribadian, skill, dan motivasi.

Di era serba digital seperti saat ini, perusahaan hanya akan mempekerjakan contact center yang memenuhi kualifikasi khusus agar perusahaan tidak kehilangan pelanggan mereka.

Lantas, apa saja skill handal yang harus ada pada agen call center? Bila Anda memiliki impian menjadi call center handal, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Paham Akan Produk atau Layanan Perusahaan

Ketika berminat menjadi agen contact center, Anda harus memahami segala informasi terkait produk atau layanan perusahaan secara detail. Hal ini merupakan bekal utama untuk menjawab pertanyaan atau keluhan para klien dengan tepat.

Kenali dan gali lebih dalam produk atau jasa dari perusahaan dengan seksama. Ketahui pula berbagai keunggulannya.

Skill Berkomunikasi yang Baik

Agen call center perusahaan wajib memiliki skill yang baik dalam hal berkomunikasi. Ya, apalah artinya Anda memahami produk atau layanan yang tersedia di perusahaan tanpa memiliki keterampilan berkomunikasi.

Tentu akan sulit menyampaikan penjelasan kepada para konsumen. Bisa jadi justru membuat mereka semakin bingung.

Komunikasi yang efektif akan membantu klien mudah menerima penjelasan dari call center sehingga klien tidak merasa percuma telah menghubunginya. Hal ini juga akan menciptakan kesan baik bagi perusahaan sehingga bisa meningkatkan brand awareness.

Punya Keterampilan Teknis

Selanjutnya, seorang agen call center juga wajib memiliki keterampilan teknis mengingat semua pekerjaan tak jauh-jauh dari perangkat. Mereka harus mampu menguasai cara mencari dan membuka dokumen, membuat catatan terkait panggilan yang diterima di software call center, dan lain sebagainya.

Mampu Bekerja Terorganisir

Misi agen contact center perusahaan adalah memberikan kualitas terbaik untuk para klien. Kemungkinan besar mereka akan menghadapi banyak klien dan harus bisa menghandle banyak tugas tanpa mengesampingkan kebutuhan klien.

Supaya pekerjaan tidak keteteran, penting bagi seorang call center untuk bisa bekerja secara terorganisasi. Ini merupakan langkah untuk mengurangi kesalahan selama proses kerja. Jadi, semua panggilan dari pelanggan tetap efisien karena Anda bisa memenuhi semua kebutuhan pelanggan lebih efektif.

Kreatif

Mengapa harus kreatif? Sering kita jumpai agen call center yang sikapnya monoton dalam hal menjelaskan sesuatu pada klien. Penyebabnya adalah mereka kerap menerima pertanyaan dan keluhan yang sama dari pelanggan. Tak heran apabila respon call center cepat dan parahnya lagi mereka puas dengan jawaban yang diberikan ke pelanggan.

Faktanya, pelanggan justru berpendapat bahwa contact center hanya menjawab 50% dari keluhan mereka. Selebihnya pelanggan belum mendapatkan jawaban sepenuhnya dari agen, dan justru agen telah mengakhiri panggilan.

Di sinilah seorang call center harus bersikap kreatif dalam memecahkan permasalahan klien. Perhatikan seksama apa yang menjadi keluhan pelanggan kemudian bisa menemukan solusi dan menyampaikannya ke klien. Memang benar agen harus cekatan dan efisien, namun tanpa mengorbankan kualitas pekerjaan yang diemban.

Fleksibel

Seorang agen call center perlu memiliki sikap flexibility mengingat nantinya ada puluhan bahkan ratusan pelanggan akan berinteraksi dengannya setiap hari. Mustahil jika para  pelanggan memiliki sifat dan kepribadian yang sama. Jadi, dengan mampu bekerja fleksibel pasti semua pelanggan dapat terpenuhi kebutuhannya.

Ramah

Sifat ini tak ketinggalan menjadi indikator utama menempati posisi call center. Selain ramah, call center juga bisa bersikap hangat ketika melayani para pelanggan. Sikap positif ini juga berlaku ketika bertatap muka langsung dengan klien. Setidaknya berikan klien senyuman terbaik setiap hari.

Berminat menjadi agen call center? Pahami dan pelajari dengan baik seluruh skill-nya supaya bisa menjadi call center mumpuni dan perusahaan hanya mengandalkan Anda untuk menghandle permasalahan dan keluhan klien.

Check Also

Call Center Telemarketing

Call Center Telemarketing, Ketahui 5 Tugas dari Layanan Ini!

Call center telemarketing merupakan pusat bantuan yang berhubungan dengan segala informasi dari sebuah layanan atau …