Thursday , April 18 2024
Pelayanan Customer Service
unsplash.com

Pelayanan Customer Service, Butuh Trik 7 Ini Agar Lebih Berkualitas!

Pelayanan customer service yang baik tentu bisa memberikan rasa nyaman kepada pelanggan. Bahkan pelayanan tersebut akan menciptakan kepercayaan. Ingatlah, bahwa mendapatkan kepercayaan itu mudah, namun mempertahankannya sangat sulit.

Pelayanan Customer Service
unsplash.com

7 Trik Ampuh Meningkatkan Pelayanan Customer Service

Customer service merupakan penghubung awal antara perusahaan dan para klien. Bisa dibilang peran mereka tidak terpisahkan dalam suatu perusahaan.

Menilik dari era bisnis online saat ini, maka semua aktivitas tidak harus bertatap muka. Semua bisa terpenuhi dengan kehadiran customer service yang baik. Supaya kepercayaan dari para klien terjaga dengan baik, maka seorang customer service perlu menerapkan hal-hal sebagai berikut.

Mudah Menyesuaikan Diri

Kejutan demi kejutan kemungkinan akan menjadi makanan sehari-hari seorang customer service. Mulai dari sikap dan tingkah laku pelanggan yang berbeda dari waktu ke waktu. Mau tidak mau customer service harus siap menghadapinya.

Cobalah untuk memahami suasana hati klien dan usahakan bisa menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut. Ini menjadi strategi pelayanan jitu guna meningkatkan pelayanan ke klien. Dengan kemampuan mudah beradaptasi dan menjadi pribadi yang fleksibel maka akan timbul pelayanan berkelanjutan kepada klien.

Memberikan Pelayanan Cepat dan Tanggap

Strategi jitu untuk meningkatkan pelayanan customer service selalu memberikan pelayanan cepat. Tak hanya cepat tetapi pelayanan tersebut sesuai dengan kemauan pelanggan.

Banyak kita temukan petugas customer service semaunya saja menjawab pertanyaan pelanggan. Beberapa dari mereka bahkan memiliki jawaban itu-itu saja, sehingga jawaban ke pelanggan hanya memuaskan sekitar 40% saja.

Pastikan memiliki ketepatan dalam menganalisa kebutuhan pelanggan saat mereka menghubungi Anda. Cepat dan tepat dalam menganalisa serta mengambil tindakan.

Sebaiknya berikan pelanggan durasi waktu untuk mengutarakan keluhan mereka. Ini menciptakan perilaku adil kepada pelanggan yang datang. Bila memerlukan penjelasan lebih lanjut, silakan memberikan antrian customer service kembali untuk berjumpa lagi setelah melayani pelanggan berikutnya.

Membiasakan Diri Mendengarkan Keluh Kesah Pelanggan dengan Seksama

Mendengarkan keluhan pelanggan dengan seksama merupakan strategi penting dalam meningkatkan pelayanan customer service. Dengarkan terlebih dahulu keluhan pelanggan baru setelah itu ambil tindakan. Terlebih mayoritas pelanggan menginginkan orang mendengar keluhan yang hendak mereka lontarkan.

Dengan demikian, mereka merasa benar-benar dihormati. Hindari memotong pembicaraan saat pelanggan menyampaikan keluh kesan mereka.

Berikan Solusi Tepat

Selain cepat mengambil tindakan, pelanggan tentu berharap pelayanan dari customer service memberikan solusi tepat. Dengan demikian pelanggan merasa bahwa mereka menjadi prioritas.

Fakta membuktikan bahwa pelanggan tidak hanya menilai baik buruk suatu produk atau jasa dari casing-nya saja. Bagi mereka kemudahan menghubungi customer service serta respon cepat menjadi nilai lebih. Ingatlah jika saat ini kita hidup di era digital dan semua bisa diselesaikan dengan mudah melalui berbagai platform yang tersedia.

Bahkan, beberapa web bisnis menyediakan kolom komentar sebagai tempat review pelanggan. Bukan tidak mungkin jika pelayanan customer service baik maupun buruk mereka akan menggunakan kolom tersebut.

Feedback Pelanggan

Strategi jitu ini sebagai bahan evaluasi terkait sejauh mana pelayanan yang telah diberikan perusahaan tempat Anda bekerja. Saat pihak customer memberikan feedback maka pelanggan loyal akan memberikan respon cepat. Usahakan agar tidak melewatkan hal tersebut.

Selalu Bersikap Tenang

Berusaha untuk selalu terlihat tenang akan sangat membantu fokus menyelesaikan permasalahan. Hal ini juga sebagai upaya meminimalisir kesalahan fatal yang mungkin saja terjadi. Terlebih ketika menghadapi pelanggan killer, usahakan tetap mengontrol emosi alias jangan sampai terpengaruh suasana. Ini akan membuat Anda gegabah menentukan tindakan.

Tetap Fokus Pada Tujuan

Tolak ukur keberhasilan pelayanan customer service bisa Anda ketahui dari pencapaian yang diperoleh. Indikator untuk mendapatkan pencapaian tersebut adalah tetap fokus pada tujuan.

Jadi, mulailah menjadi customer service yang selalu fokus pada pemenuhan kebutuhan pelanggan namun tanpa menyimpang dari pencapaian yang telah perusahaan targetkan. Ingat bahwa posisi customer service merupakan garda terdepan suatu perusahaan. Mereka harus bertindak atas nama perusahaan.

Mustahil dapat meningkatkan pelayanan customer service bila tidak ada kemauan untuk menerapkan trik jitu dalam ulasan tadi. Apakah Anda siap meningkatkan loyalitas brand perusahaan tempat Anda bekerja dengan menjadi customer service handal? Terapkan ilmunya secara bertahap dan tetap konsisten. Kedepannya Anda akan menjadi customer service profesional.

Check Also

Customer Service Adalah

Customer Service Adalah? Layanan Penting untuk Para Pelanggan

Customer service adalah? Adanya pertanyaan tersebut membutuhkan jawaban yang pasti, terlebih bagi mereka yang masih …