Wednesday , April 24 2024
5 Jenis Layanan Pelanggan dengan Peranan Sangat Penting
Liputan6.com

5 Jenis Layanan Pelanggan dengan Peranan Sangat Penting

Jenis layanan pelanggan atau yang biasa disebut dengan CS. Ternyata tidak hanya terdiri dari satu jenis saja melainkan terdapat banyak jenis yang ikut mendefinisikan tentang customer service. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa CS atau customer service merupakan sebuah layanan yang disediakan khusus dalam sebuah bisnis yang ditangani oleh seseorang. Pelayan tersebut mulai dari sebelum, selama, serta sesudah membeli produk atau jasa.

Agen nantinya juga akan mendapat serta memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Maka tidak heran jika salah satu syarat untuk menjadi seorang layanan pelanggan harus mempunyai komunikasi yang cakap. Hal tersebut mempunyai tujuan agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus juga meningkatkan profit. Profesi ini juga mempunyai peranan penting untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan. Bahkan dikatakan merupakan wajah pertama yang dapat berpengaruh terhadap perusahaan itu sendiri.

CS menjadi salah satu barisan terdepan dalam menghadapi pelanggan. Baik itu pelanggan yang memberikan komplain, saran, ataupun bertanya seputar detail produk ataupun jasa yang ditawarkan. Umumnya bisnis yang mempunyai devisi tersendiri yang juga akan berperan dalam memberikan pelayanan yang lebih optimal. Hal itu bertujuan agar nantinya pelanggan merasa nyaman menggunakan produk ataupun jasa dan tidak berpaling ke kompetitor lain.

Jenis Layanan Pelanggan yang Beragam dengan Peranan Sangat Penting
Liputan6.com

Jenis Layanan Pelanggan yang Beragam

Seiring berkembangnya zaman nyatanya jenis layanan pelanggan itu juga ikut berkembang. Mungkin dahulu hanya menggunakan media telepon saja. Tetapi, sekarang pelanggan juga dapat menghubungi bisnis dari berbagai media komunikasi yang ada. Untuk mempermudah kita memahami mengenai jenis-jenis apa saja dari layanan pelanggan tersebut, berikut ini informasi lengkapnya.

Layanan Pelanggan Berjalan

Untuk jenis layanan pelanggan yang pertama ada pelayanan pelanggan berjalan. Ketika pelanggan memiliki keluhan mereka sudah pasti akan mengunjungi departemen customer service. Ketahuilah untuk jenis yang satu ini sebenarnya sangat menyita waktu. Sebab CS harus mengunjungi layanan perusahaan secara langsung.

Apabila saat ini terdapat bisnis yang bergerak pada bidang online dan Anda juga ingin menjaga kepuasan pelanggan. Jangan khawatir lagi karena sudah terdapat cara baru, Anda juga bisa menghemat banyak waktu serta uang untuk melakukan investasi. Tentunya dengan lebih mengefisiensikan jumlah bisnis tersebut, cukup gunakan saja freshchat.

Melalui Email

Kemudian untuk jenis layanan pelanggan yang kedua adalah melalui email dan telepon. Apakah sekarang ini internet sudah mendisrupsi cara kita untuk menjalankan bisnis? Mulai dari populernya web atau dot-com. Faktanya panggung teater tradisional juga menyadari bahwa mereka bisa menghemat biaya melalui penerapan layanan pelanggan secara virtual. Era ini juga dimonitori dengan adanya layanan Call service center dan email. Bertujuan agar nadanya pelanggan itu lebih mudah menyampaikan keluhannya.

Setiap konsumen itu sudah pasti berharap menginginkan tanggapan yang tepat, pengiriman yang tepat waktu. Perlu diketahui juga bahwa layanan melalui email itu tidak begitu ketinggalan zaman. Nyatanya saat ini juga masih terdapat perusahaan yang menggunakan jenis layanan ini. Walaupun pada dasarnya layanan yang satu ini memberikan respon yang bisa dikatakan sedikit lambang daripada melalui telepon.

Telepon

Berikutnya yang termasuk dalam jenis layanan pelanggan adalah memberikan pelayanan melalui panggilan telepon. Mungkin layanan ini juga menjadi salah satu layanan yang paling umum dimiliki oleh setiap perusahaan bisnis. Apabila nantinya terdapat pelanggan yang memiliki kendala ataupun keluhan terhadap penggunaan produk ataupun jasa maka secara otomatis mereka akan menghubungi kontak telepon yang sudah tersedia. Dengan tujuan mendapatkan solusi cepat dan terbaiknya.

Website/Medsos

Tidak hanya itu saja jenis layanan pelanggan, tetapi saat ini juga terdapat pelayanan secara langsung melalui website ataupun media sosial. Sudah menjadi hal yang lumrah jika di zaman perkembangan teknologi digital saat ini banyak pula aplikasi media sosial yang populer di kalangan masyarakat. Guna mengikuti perkembangan zaman tersebut nyatanya terdapat banyak perusahaan yang menerima pelayanan untuk pelanggan melalui pesan di media sosial serta website perusahaan tersebut.

Sekarang ini, jenis layanan pelanggan melalui chat menjadi metode yang paling populer selain melalui telepon. Pasalnya hampir setiap lapisan masyarakat itu mempunyai akun media sosial. Dengan demikian itu dapat mempermudah mereka untuk bisa mengirim pesan ke perusahaan yang ingin mereka tuju. Ditambah lagi perusahaan juga sudah berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan fast respon melalui media sosial mereka.

Interactive Voice Response

Ada juga pelayanan kepada pelanggan melalui interaktif fast respon atau respon suara interaktif yang mana merupakan layanan dengan menggunakan teknologi. Teknologi tersebut adalah teknologi yang mampu memutar rekaman suara guna menyampaikan informasi yang dibutuhkan pelanggan. Layanan interaktif fast respon ini akan memandu pelanggan dengan cara menginfeksi langkah-langkah yang dibutuhkan.

Apabila Anda merupakan orang yang mengelola perusahaan bisnis tentunya beberapa jenis pelayanan pelanggan tersebut harus diketahui. Dimana tujuannya adalah memberikan kepuasan kepada pelanggan dan mensinkronkan kira-kira jenis yang mana yang cocok diterapkan di perusahaan Anda.

 

Check Also

Call Center Telemarketing

Call Center Telemarketing, Ketahui 5 Tugas dari Layanan Ini!

Call center telemarketing merupakan pusat bantuan yang berhubungan dengan segala informasi dari sebuah layanan atau …