Tuesday , January 31 2023
Tugas Customer Service Bank
pexels.com

Tugas Customer Service Bank, Pahami 7 Hal Penting Ini!

Tugas customer service bank mungkin belum banyak yang tahu. Saat mengunjungi bank, selain ada petugas teller, Anda seringkali bertemu dengan bagian Customer Services atau CS. Berbeda dengan teller yang memiliki tugas untuk melayani proses transaksi. Sementara tugas customer service yakni memberikan informasi serta mengurus administrasi nasabah. Tak hanya itu, masih ada tugas-tugas lainnya dari customer service.

Tugas Customer Service Bank
pexels.com

7 Tugas Customer Service Bank Penting Dipahami

Sesuai dengan tugasnya, bank merupakan lembaga keuangan yang berkegiatan untuk dalam menghimpun serta menyalurkan dana dari masyarakat. Umumnya kegiatan tersebut yang dikemas ke dalam berbagai bentuk produk perbankan, meliputi tabungan, deposito, dan lain sebagainya.

Dalam dunia perbankan, bagian customer service bank menjadi yang penting dan tak bisa dilewatkan. Customer service bank merupakan jajaran karyawan yang paling sering mewakili perusahaan, baik itu untuk bertemu, berhubungan, serta melayani nasabah secara langsung. Tak heran, jika bagian ini menempati posisi cukup krusial dan penting dalam suatu lembaga perbankan. Berikut ini adalah beberapa tugas dari bagian customer service.

Melayani Nasabah

Salah satu tugas customer service bank yakni melayani nasabah tergantung layanan yang ditawarkan dari pihak bank. Misalnya, pada layanan dalam bentuk rekening, deposito, KPR, dan lain sebagainya. Seorang customer service harus bisa memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh nasabah tanpa memandang apa pun. Selain itu, bagian ini juga mengharuskan Anda memberikan layanan setiap kebutuhan yang nasabah inginkan.

Memberi Solusi Atas Masalah Nasabah

Jika menjadi customer service juga bertugas untuk memberikan solusi atas kebutuhan atau masalah yang dimiliki nasabah. Untuk memberikan solusi, seorang customer service  juga perlu menguasai layanan atau produk yang dimiliki dari bank tersebut. Oleh karena itu, skill yang sangat penting dimiliki oleh seorang customer service yakni kemampuan dalam berkomunikasi.

Memberikan Penawaran

Memang menjadi sebuah keharusan bagi seorang customer service dalam memperkenalkan produk serta memberikan penawaran yang ada kepada nasabah. Selain itu, bagian ini juga harus memberikan informasi bagi para nasabah terkait layanan yang dimiliki. Tujuannya agar nasabah tidak akan merasa kesulitan, bahkan mendapatkan informasi yang banyak terkait setiap layanan.

Mengurus Administrasi

Selanjutnya tugas dari customer service yakni mengurus segala keperluan administrasi yang berhubungan dengan para nasabah. Misalnya mencetak buku tabungan, membuat nota setelah transaksi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, membutuhkan ketelitian, kedisiplinan, serta kerapian untuk menjadi seorang customer service, terutama lembaga keuangan, seperti bank.

Mengurus Pembukaan, Penutupan, serta Pemblokiran Rekening

Tugas customer service bank berikutnya yakni mengurus pembukaan, penutupan, hingga pemblokiran rekening bank para nasabah. Tugas ini bisa dikatakan umum oleh sebagian besar masyarakat. Seorang customer service bukan hanya harus bisa melayani nasabah dengan baik, namun juga harus cekatan dan telaten dalam melakukan tugas-tugas. Mulai dari membuka hingga memblokir rekening bank.

Menginformasikan Saldo Rekening Nasabah

Salah satu tugas dari customer service  yang mungkin tampak sepele, namun tetap harus dilakukan dengan tepat dan jangan sampai salah, yakni memberitahukan terkait informasi saldo pada rekening nasabah. Tugas customer service harus mencetak mutasi rekening sehingga nasabah mengetahui transaksi yang terjadi pada rekeningnya.

Membuat Hubungan dan Kesan Baik dengan Nasabah

Menciptakan hubungan dan kesan yang baik dengan nasabah juga termasuk tugas customer service bank lainnya. Pada bagian ini bisa menjadi wajah awal akan kualitas pelayanan sebuah perusahaan bank. Customer service bank harus bisa menciptakan kesan positif dengan nasabah. Sehingga, nasabah merasa nyaman saat berada di bank tersebut dan tidak ragu untuk kembali lagi.

Bahkan, seorang customer service bank juga perlu mengajak nasabahnya berbincang di luar dari urusan layanan produk bank. Misalnya, melakukan basa-basi tentang pekerjaan, keluarga, dan lain sebagainya. Dengan cara ini yang diterapkan pelayanan pelanggan bisa membangun hubungan yang baik dengan para nasabahnya.

Ternyata ada beberapa tugas customer service bank yang penting dipahami. Menjalankan tugas customer service bank mungkin dianggap sederhana, padahal membutuhkan perpaduan antara hardskill dan softskill, serta ditambah hal-hal penunjang lainnya. Saat mampu mengkolaborasikan kemampuan tersebut, seorang customer service bank bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan tanpa beban.

Check Also

Call Center Telemarketing

Call Center Telemarketing, Ketahui 5 Tugas dari Layanan Ini!

Call center telemarketing merupakan pusat bantuan yang berhubungan dengan segala informasi dari sebuah layanan atau …