Tuesday , April 23 2024
Cara Menyambungkan Keyboard HP ke Laptop Dengan Mudah
unsplash.com

Cara Menyambungkan Keyboard HP ke Laptop dengan Mudah

Cara menyambungkan keyboard hp ke laptop sebetulnya bukan hal yang sulit. Perkembangan teknologi membuat setiap pekerjaan semakin mudah dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, smartphone yang ada saat ini tidak hanya dapat berfungsi sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga beralih ke ponsel Android sebagai pengganti perangkat keras komputer. Misalnya, kita dapat mengubah ponsel Android menjadi mouse dan keyboard nirkabel.

Ya, dengan bantuan aplikasi bernama WiFi Mouse kita bisa mengubah ponsel Android kita menjadi mouse dan keyboard nirkabel dengan banyak fitur canggih. Jadi, cara ini merupakan pilihan yang sangat cocok ketika mouse atau keyboard komputer Anda rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Nah, jika penasaran bagaimana cara kerjanya, langsung saja kita simak tips dan trik cara menyambungkan keyboard hp ke laptop di bawah ini.

Cara Menyambungkan Keyboard HP ke Laptop Dengan Mudah
unsplash.com

Tutorial Cara Menyambungkan Keyboard HP ke Laptop dengan Mudah

Peralatan yang perlu disiapkan antara lain yang pasti adalah smartphone, laptop atau PC, WiFi, dan software aplikasi untuk menyambungkan kedua perangkat tersebut.

Untuk cara menyambungkan keyboard hp ke laptop, kita menggunakan jaringan Wi-Fi sebagai pengganti kabel, syarat yang paling penting adalah komputer dan smartphone harus terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Jika tidak tersedia jaringan Wi-Fi, tak perlu khawatir, bisa juga dengan membuat hotspot Wifi (tethering) di smartphone Anda, atau Anda juga dapat menjadikan komputer Anda sebagai hotspot Wi-Fi. Sehingga kedua perangkat tersambung dengan hotspot yang sama.

Banyak software yang berfungsi menjadikan smartphone sebagai mouse atau keyboard untuk laptop ataupun pc. Beberapa contoh software dan aplikasi tersebut antara lain seperti Mouse Server, Remote Mouse, Google Remote, dan Bluetooth Remote PC.

Tutorial Menyambungkan Keyboard HP ke Laptop

Pertama, unduh aplikasi Mouse Server untuk PC langsung dari http://wifimouse.necta.us/. Pilih sesuai dengan sistem operasi komputer Anda. Ada beberapa sistem operasi seperti Windows, Mac, Ubuntu Linux dan Fedora Linux.

Setelah berhasil diunduh ke PC atau laptop, instal seperti biasa. Kemudian jalankan aplikasinya dan kita akan mendapatkan alamat IP yang digunakan ponsel Android untuk terhubung ke komputer. Langkah selanjutnya, beralih ke smartphone yang akan dijadikan sebagai keyboard ataupun mouse. Untuk di perangkat smartphone, unduh aplikasi WiFi Mouse di Google Play Store atau App Store, lalu jalankan aplikasinya.

Menggunakan USB Remote

Selain menggunakan WiFi, cara menyambungkan keyboard hp ke laptop juga dapat menggunakan koneksi kabel USB. Meski agak merepotkan karena smartphone harus selalu terhubung ke komputer dengan kabel, namun cara ini bisa menjadi alternatif jika Anda bermasalah dengan Bluetooth dan WiFi. Usahakan menggunakan kabel USB yang bagus untuk mendapatkan koneksi yang stabil.

Pertama, unduh, instal, dan jalankan aplikasi jarak jauh USB di ponsel dan laptop Anda. Hubungkan hp ke laptop dengan kabel data dan kemudian pergi ke aplikasi USB Remote lagi. Pilih opsi yang ingin Anda jalankan melalui aplikasi.

Mulailah mencari perangkat laptop atau PC dengan memilih Server di halaman utama. Setelah Anda menemukannya, klik ikon di sebelah kanan alamat IP untuk menghubungkan perangkat smartphone Anda ke komputer.

Setelah tersambung, sekarang smartphone sudah bisa difungsikan sebagai keyboard.
Untuk mengubah fungsi menjadi mouse dan fitur lainnya, kembali ke halaman utama dan pilih fungsi yang akan digunakan.

Menggunakan Bluetooth Remote

Cara menyambungkan keyboard hp ke laptop yang terakhir adalah dengan Bluetooth Remote. Aplikasi koneksi nirkabel dengan bluetooth ini dapat diunduh secara gratis dari Play Store. Aplikasi  ini merupakan salah satu yang paling populer. Aplikasi Android ini dapat mengubah ponsel cerdas Anda menjadi mouse atau keyboard melalui koneksi Bluetooth.

Karena Bluetooth digunakan, pastikan perangkat Bluetooth dari kedua perangkat, yakni ponsel dan laptop, berfungsi dengan baik jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini.

Aktifkan Bluetooth di kedua perangkat yang ingin Anda gunakan. Unduh dan instal aplikasi Bluetooth Remote PC di kedua perangkat, buka lalu jalankan aplikasi.

Pilih opsi Bluetooth di ponsel cerdas Anda dan sambungkan ke jaringan Bluetooth di laptop Anda.

Setelah koneksi dibuat, sebuah jendela muncul dengan opsi untuk menggunakan ponsel. Anda dapat dengan bebas memilih apakah Anda ingin mengubah ponsel Anda menjadi media presentasi mouse, keyboard atau nirkabel.

Itulah beberapa cara menyambungkan keyboard hp ke laptop maupun PC. Pastikan perangkat yang hendak digunakan merupakan perangkat yang dapat berfungsi dengan baik.

Check Also

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

4 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Jaga Privasi dan Keamanan 

iPhone merupakan salah satu merk smartphone yang selalu memiliki banyak peminat. Dengan demikian pengguna iPhone …