Thursday , April 25 2024
Coba Cara Menyalakan Laptop Tanpa Tombol Power Berikut Ini
freepik.com

Coba Cara Menyalakan Laptop Tanpa Tombol Power Berikut Ini

Cara menyalakan laptop tanpa tombol power bisa saja kita lakukan dengan mudah. Oleh karena itu apabila Anda membutuhkan langkah yang tidak menyertakan tombol ini, kami akan membahasnya secara lengkapnya.

Beberapa alasan yang menyebabkan hal seperti ini terjadi sering kita butuhkan, supaya dapat menyalakan kembali perangkat tersebut. Sebab itulah, kami hadirkan beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.

Nah, panduan ini bisa segera Anda coba agar mendapatkan cara yang lebih mudah. Pertimbangan dari review pengguna sebelumnya bisa Anda ikuti dan coba secara langsung saja. Sehingga bisa langsung menghidupkan perangkat tersebut.

Coba Cara Menyalakan Laptop Tanpa Tombol Power Berikut Ini
freepik.com

Ketahui Cara Menyalakan Laptop Tanpa Tombol Power

Silahkan untuk mencoba tutorial dari kami berikut ini, namun tetap berhati-hati. Sehingga tidak akan membahayakan perangkat yang digunakan dan diri Anda juga.

Menggunakan Komponen Keyboard

Untuk perangkat laptop merek seperti Lenovo, Dell, Acer, Asus, dan Toshiba tanpa tombol power membantu mengubah pengaturan BIOS. Sebagian besar perangkat seperti laptop dan komputer akan mengaktifkan BIOS sebagai default. Akan tetapi, sebenarnya untuk mematikannya tidak ada alasan .

Dengan menggunakan BIOS akan mengalihkan kembali ke pengaturan defaultnya dengan mudah. Selain itu Anda juga bisa mematikannya dengan menggunakan BIOS keyboard. Meski terkesan ribet namun Anda bisa mencobanya.

Pertama, silahkan Anda akses interface pengaturan BIOS. Biasanya pada BIOS dapat diakses menggunakan cara berbeda-beda. Nah, untuk setiap pabrikan terkadang berbeda caranya, tergantung merek juga. Kebanyakan perangkat menggunakan F2, F10, atau DEL.

Setelah cek pada  pengaturan, yang biasanya berada di bawah tab “Lanjutan” di BIOS, lalu klik “Manajemen Daya.” dan “Power On By Keyboard”. Nah dalam keadaan darurat, Anda yang memiliki masalah dengan tombol power laptop yang rusak, cara ini bisa dicoba. Tidak perlu khawatir, kebanyakan orang berhasil mencobanya.

Menggunakan Wake On LAN

Cara menyalakan laptop tanpa tombol power yang ini menggunakan wake-on LAN. Biasanya hadir sebagai opsi untuk Windows 10. Anda perlu mengaktifkan fitur yang tersedia tersebut.

Silahkan nyalakan komputer Anda dengan tekan tombol F2 atau Del. Setelah itu Anda bisa masuk ke pengaturan BIOS. Lanjut dengan memilih ke menu “Pengaturan” lalu ke  tab “Perbarui dan Keamanan”. Setelah itu baru ke Pilih “Pemulihan Opsi” yang biasanya terletak di bagian kiri.

Lalu pilih ke bagian “Restart Now” atau “Advanced Setup” dan Pilih “Lanjutan.”. Jika sudah, bisa ke bagian “Manajemen Daya” atau “Manajemen ACPI” dan tekan tombol Enter langsung saja.

Biasanya akan tersedia “Power on LAN” atau “Wake On LAN” namun bisa juga tergantung pada komputer Anda pakai tersebut. Biasanya penggunaan tombol penyesuaian untuk mengaktifkan opsi ini dan pilih tombol yang diinginkan untuk menyalakan laptop.

Untuk menyimpan dan tekan tombol F10 dan ikita bisa keluar. Menggunakan tips yang satu ini biasanya akan berhasil untuk dicoba. Hanya saja kita perlu memastikan melakukan langkah dengan tepat.

Menggunakan Baterai Cmos Laptop

Cara menyalakan laptop tanpa tombol power yang terakhir kami rekomendasikan ini menggunakan baterai. Beberapa perangkat merek tertentu akan jika mencoba cara yang kami bahas berikut. Sebab itulah coba langsung saja untuk mencobanya.

Dengan melepaskan kabel pada bagian baterai yang letaknya berada di motherboard. Dengan cara ini perlu kemampuan khusus untuk Anda coba. Sebab itulah jangan sembarangan untuk mencobanya. Ini akan berbahaya sekali jika Anda tidak memiliki keterampilan akan mencoba hal ini.

Kemudian cabut baterai Cmosnya tersebut dan tunggu beberapa saat. Setelah itu nantinya kita bisa pasang kembali dan otomatis perangkat akan melakukan booting lagi. Ini terjadi secara otomatis dengan melakukan hal seperti masuk daya baterainya tersebut.

Kami menyarankan Anda mencoba langsung namun tidak dengan sembarangan. Karena bisa saja tidak bisa kembalikan komponen dengan tepat. Sebab itulah jangan sampai melewatkan kesempatan seperti ini.

Kita bisa dengan mudah melakukannya dengan mandiri. Jadi silahkan untuk segera mencobanya sekarang juga. Tanpa perlu khawatir sama sekali perangkat masuk tempat servis.

Cara menyalakan laptop tanpa tombol power ini mudah sekali bukan? Jadi jangan sampai Anda melewatkan pembahasan tersebut untuk membuktikannya. Buktikan sendiri, Anda bisa mencoba dan memastikannya dengan teliti.

Check Also

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

4 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Jaga Privasi dan Keamanan 

iPhone merupakan salah satu merk smartphone yang selalu memiliki banyak peminat. Dengan demikian pengguna iPhone …