Tuesday , April 23 2024
6 Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lebih Mudah
Unsplash.com

6 Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lebih Mudah

Series laptop keluaran terbaru kini sudah ada banyak yang mengusung fitur canggih. Seperti salah satunya backlit keyboard atau keyboard yang dibekali dengan cahaya. Keunggulan dari fitur ini adalah memudahkan saat mengoperasikan laptop di ruangan yang gelap. Sehingga saat mengetik tidak perlu khawatir akan typo, tetapi kebanyakan orang tidak tahu cara menyalakan lampu keyboard laptop. 

6 Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lebih Mudah
Unsplash.com

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop 

Salah satu hal yang mempengaruhi tidak bisa menyalakan lampu latar adalah pengguna laptop tidak mengetahui fitur di dalamnya. Hal ini memang sangat wajar terjadi, karena keyboard di laptop lama defaultnya tidak dibekali dengan teknologi ini. Langkah pertama yang harus dilakukan agar bisa menyalakannya adalah dengan memastikan series laptop Anda sudah dibekali dengan fitur ini. 

Setelah itu, Anda bisa menghidupkan lampunya berdasarkan merek laptop. Karena setiap brand laptop memiliki pengaturan serta shortcut yang berbeda-beda. Berikut ini cara menyalakan lampu keyboard laptop. 

Menyalakan Lampu Keyboard Laptop ASUS 

Jika Anda menggunakan laptop ASUS yang sudah memiliki fitur backlit keyboard. Untuk tahu apakah terdapat fitur ini pertama-tama pastikan dahulu dengan memeriksa tombol F3 dan F4. Jika sudah dipastikan memiliki ikon lampu, selanjutnya bisa menyalakan lampu keyboard laptop ASUS. 

  1. Pertama-tama, Anda bisa tekan tombol Fn dan F4 secara bersamaan. Hal ini merupakan cara untuk menambah kecerahan lampu latar keyboard ASUS.
  2. Kemudian tekan tombol Fn dan F3 secara bersamaan untuk menurunkan kecerahan dan juga mematikan lampu layar keyboard ASUS. 

Anda juga perlu mengetahui bahwa proses penyalaan lampu di keyboard laptop ASUS ini bisa berbeda. Untuk lebih jelasnya lagi dengan memeriksa buku manual atau tombol keyboard di laptop. 

Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Acer 

Langkah awal yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah series laptop Acer Anda memiliki konfigurasi lampu latar atau tidak. Jika laptop Acer tersebut memilikinya, pengguna hanya tinggal menyalakan lampu keyboard dengan menekan tombol kombinasi Fn dan F9 secara bersamaan. Kemudian lampu keyboard akan menyala, untuk mematikan lampu latar ini bisa dengan menekan kedua tombol tersebut lagi. 

Menyalakan Lampu Keyboard Laptop HP 

Cara menyalakan lampu keyboard laptop selanjutnya untuk laptop HP. Namun tidak semua laptop HP ini memiliki pengaturan untuk membuat keyboard menyala. Hanya ada series tertentu yang memilikinya, jadi Anda harus tahu dahulu apakah laptop Anda memiliki teknologi ini. 

Jika laptop milik Anda memiliki teknologi ini, untuk menyalakannya hanya perlu menekan tombol F5 dan lampu akan menyala dengan sendirinya. Untuk mematikannya, Anda hanya perlu menekan tombol tersebut. 

Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Dell 

Jika Anda ingin mengetahui apakah laptop Dell Anda memiliki konfigurasi lampu latar atau tidak, tentunya bisa dengan memeriksa buku panduan saat membeli laptop tersebut. Jika laptop yang Anda gunakan memiliki konfigurasi lampu tersebut,  cara menyalakan lampu keyboard laptop tersebut bisa dengan menggunakan tombol F5 atau F10. 

Namun, cahaya lampu yang dihasilkan dari fitur ini tidak akan cerah dan harus dilihat dalam keadaan yang sangat minim cahaya. Jika masih dalam keadaan bercahaya, lampu latar ini tidak akan terlihat. 

Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo ThinkPad 

Tidak semua laptop merek Lenovo memiliki fitur yang satu ini. Sehingga, pastikan dahulu memeriksa tombol spasi keyboard keyboard untuk mengetahui apakah laptop Lenovo yang dimiliki memiliki lampu latar atau tidak. 

Jika terdapat ikon lampu, yang mana berarti laptop tersebut memiliki lampu latar yang bisa dimanfaatkan. Cara untuk menyalakannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menekan kombinasi tombol Fn dan Spacebar di keyboard. Tidak hanya itu, tombol ini juga memiliki fungsi sebagai pengatur mode cahaya. 

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop MacOS 

  1. Pertama-tama tekan tombol up brightness untuk menghidupkan lampu keyboard MacBook. 
  2. Kemudian atur kecerahan sesuai dengan kebutuhan Anda. 
  3. Untuk mengurangi kecerahan pada latar keyboard, bisa dengan menekan tombol down brightness
  4. Jika terus menerus menekan tombol down brightness ini, cahaya yang ada di latar keyboard MacBook akan mati. 

MacBook sendiri sudah lama menggunakan keyboard yang dilengkapi dengan lampu berwarna putih. Bisa dikatakan bahwa keyboard dengan latar belakang putih sudah menjadi salah satu ciri khas dari MacBook

Demikianlah cara menyalakan lampu keyboard laptop beberapa merk. Anda kini sudah bisa menghidupkan lampu keyboard dengan mudah. 

Check Also

Cara Update Aplikasi di Laptop

2 Cara Update Aplikasi di Laptop Windows dengan Mudah

Cara update aplikasi di laptop bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu banyak langkah. Perangkat Windows …