Saturday , April 27 2024
Cara Merekam Suara Google Tanpa Aplikasi
unsplash.com

Cara Merekam Suara Google Tanpa Aplikasi Melalui HP dan Laptop

Cara merekam suara Google tanpa aplikasi tambahan masih belum di ketahui oleh sebagian orang, mungkin Anda pun termasuk ke dalamnya. Suara Google kini memang sudah sangat populer dan banyak digemari oleh orang-orang. Bahkan suara Google juga kerap digunakan untuk membuat suatu konten video yang kemudian dibagikan ke sosial media.

Tentunya Anda pun sudah sering mendengar suara Google pada berbagai video yang Anda temui bukan? Baik itu video di YouTube, Instagram, TikTok, maupun berbagai sosial media lainnya. Suara Google tersebut juga bukan mengucapkan kata sembarangan, namun biasanya mengucapkan deretan kalimat yang disusun oleh pemilik video sendiri.

Jadi pembuat atau pemilik video tidak menggunakan suaranya sendiri, melainkan menggunakan suara Google. Hal tersebut bun bukan malah membuat video jadi jelek atau tidak menarik. Namun malah membuatnya lebih menarik, unik dan berbeda dengan video lainnya. Hal ini sebab, suara Google memang sangat unik.

Suaranya terdengar kaku dan tidak bernada namun justru enak didengar dan malah disukai oleh banyak orang. Karena itu pun tak heran jika kini banyak orang yang menggunakan suara Google untuk berbagai keperluan konten video mereka. Penggemarnya pun semakin ke sini juga malah semakin banyak.

Cara Merekam Suara Google Tanpa Aplikasi
unsplash.com

Cara Merekam Suara Google Tanpa Aplikasi

Meskipun kini banyak orang yang menggunakan suara Google untuk video mereka, namun mungkin beberapa orang masih belum tahu bagaimana cara merekam suaranya. Bagi orang yang masih belum mengetahui caranya, tentu hal ini terasa sangat membingungkan. Sebab suara Google tidak bisa diunduh sama seperti kita mengunduh sebuah lagu melalui Google.

Akan tetapi terdapat cara tersendiri untuk merekam suara Google sehingga bisa dimasukkan dalam konten video. Cara tersebut pun bisa dilakukan baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Keduanya sama-sama mudah dan simpel sehingga bisa Anda pilih lebih nyaman menggunakan cara yang mana. Setiap orang pun tentunya memiliki pendapat yang berbeda-beda.

Namun, kebanyakan orang mungkin lebih memilih cara merekam suara Google tanpa aplikasi tambahan. Sebab cara tersebut dianggap lebih mudah dan menguntungkan bagi sebagian orang. Keuntungan terebut yaitu pertama, dengan cara tanpa aplikasi ini tentu Anda tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi tambahan. Sehingga Anda pun bisa lebih menghemat kuota.

Kedua, penyimpanan ponsel tidak akan semakin penuh karena aplikasi-aplikasi tersebut. Ketika mengunduh dan memasang suatu aplikasi tentunya penyimpanan ponsel akan berkurang. Jika Anda terlalu banyak mengunduh aplikasi dan terus memasang aplikasi yang baru lagi tentunya bisa-bisa penyimpanan ponsel penuh.

Ketiga, bagi orang yang memiliki masalah penyimpanan ponsel penuh maka akan lebih menguntungkan dengan cara merekam suara Google tanpa aplikasi ini. Ketika penyimpanan ponsel terlalu penuh, tentu ia tidak bisa digunakan untuk memasang aplikasi baru. Akibatnya pun Anda harus mengorbankan aplikasi lain untuk dihapus sehingga Anda bisa memasang aplikasi merekam suara Google ini.

Nah, dengan cara merekam tanpa aplikasi ini maka Anda tidak perlu memasang aplikasinya. Anda pun tidak perlu menghapus beberapa aplikasi yang pastinya masih berguna hanya untuk memberikan ruang bagi aplikasi perekam suara tersebut. Dengan berbagai kelebihan itu pun ta heran jika banyak orang yang memilih cara ini.

Lalu, bagaimanakah cara merekam suara Google tanpa aplikasi? Berikut adalah beberapa caranya:

Cara Merekam Suara Google Melalui HP

Pertama, kita akan membahas bagaimana cara merekam suara Google melalui HP dan tidak menggunakan aplikasi. Caranya cukup mudah dan simpel sehingga bisa Anda terapkan kapan pun itu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Bukalah aplikasi browser pada ponsel Anda, kemudian buka situs https://www.soundoftext.com.
  • Setelah situs terbuka maka Anda akan melihat sebuah kotak berwarna putih dengan tulisan Text di atasnya. Pada kotak ini Anda bisa menuliskan kalimat apa yang ingin diubah menjadi suara Google.
  • Setelah selesai menulis, kemudian Anda harus memilih bahasa yang ingin Anda gunakan pada kolom Vioce yang ada di bawah kotak Text. Ada banyak sekali pilihan bahasa yang tersedia, mulai dari Bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Jerman, Kanda, Korea dan lain sebagainya.
  • Cara merekam suara Google tanpa aplikasi selanjutnya klik tombol Convert to Vioce yang berada di bawah kolom Voice.
  • Selanjutnya akan muncul hasil audionya di bagian bawah. Anda pun bisa mencoba memutar hasil audio terlebih dahulu.
  • Kemudian Anda bisa langsung mengunduhnya dengan klik tombol Download.
  • Selesai, audio suara Google pun bisa Anda masukkan ke dalam video.

Cara Merekam Suara Google Menggunakan Laptop

Setelah membahas mengenai cara merekam suara Google tanpa aplikasi melalui ponsel, sekarang kita akan membahas cara merekamnya menggunakan laptop. Cara ini tentunya bisa Anda terapkan ketika menggunakan suara Google untuk mengedit video di laptop. Dengan begitu pun Anda tidak perlu repot memindahkan suara dari HP ke laptop. Nah, berikut adalah langkah-langkahnya yang bisa Anda terapkan:

  • Pertama bukalah menu Sound Control Panel pada laptop Anda. Terdapat dua cara yang bisa Anda terapkan.
  • Cara pertama, klik kanan pada gambar speaker di bagian kanan bawah laptop, lalu klik menu Open Soud Settings.
  • Setelah itu pun akan muncul menu Settings dan Anda bisa memilih menu Sound Control Panel.
  • Cara kedua yaitu dengan menekan tombol lup atau search yang berada di sisi kiri layar laptop.
  • Kemudian ketikkan Control Panel pada kotak pencarian. Setelah itu hasilnya akan muncul dan klik Cotrol Panel.
  • Selanjutnya pun akan muncul menu Control Panel, lalu pilihlah opsi Hardware and Sound.
  • Cara merekam suara Google tanpa aplikasi selanjutnya klik kiri pada Sound atau gambar speaker untuk membuka menu Sound Control Panel.
  • Setelah menu Sound Control Panel terbuka, baik menggunakan cara pertama maupun kedua, maka akan muncul gambar kotak dengan ikon nama sound di dalamnya.
  • Kemudian pilihlah menu Recording yang berada di atas navigasi.
  • Selanjutnya klik kanan pada area putih. Lalu klik kiri pada “Show Disabled Device” dan klik kanan lagi. Kemudian ulangi klik kiri pada “Show Disconnected Devices”.
  • Jika berhasil, maka semua perangkat perekaman audio bisa muncul, namun dengan warna yang buram sebab dalam posisi tidak aktif.
  • Cara agar perekaman audio tersebut aktif dan bisa merekam suara yang diputar oleh laptop yaitu klik kanan pada Stereo Mix lalu pilih Enable.
  • Jika sudah aktif maka selanjutnya klik kanan Stereo Mix lalu klik Set as Default Device.
  • Anda pun bisa memutar suara Google lalu tinggal merekamnya.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara merekam suara Google untuk digunakan sesuai kebutuhan. Anda pun bebas memilih untuk menggunakan cara melalui HP maupun Laptop. Pilihlah cara yang menurut Anda paling mudah simpel dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misal jika Anda akan menggunakan hasil rekaman suara Google pada ponsel maka Anda bisa menggunakan cara melalui ponsel. Begitu pula sebaliknya, jika Anda akan menggunakan hasil suara Google untuk laptop maka Anda bisa menggunakan cara melalui laptop. Semoga pembahasan cara merekam suara Google tanpa aplikasi ini bisa membantu Anda.

Check Also

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

4 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Jaga Privasi dan Keamanan 

iPhone merupakan salah satu merk smartphone yang selalu memiliki banyak peminat. Dengan demikian pengguna iPhone …