Thursday , May 2 2024
Cara Sambung Printer ke Laptop, Ternyata Gampang!
isupportou.com

6 Cara Sambung Printer ke Laptop, No 5 Wajib Dicoba!

Cara sambung printer ke laptop ternyata masih jadi pertanyaan bagi sebagian kalangan. Dengan menyambungkan kedua perangkat tersebut, maka prosesnya menjadi lebih mudah. Teknologi saat ini terus mengalami perkembangan pesat. Bahkan hampir menyentuh segala aspek kehidupan manusia, salah satunya saat bekerja. Banyak orang bekerja menggunakan komputer atau laptop, pada kedua perangkat tersebut tak bisa lepas dari printer. Alat ini berguna untuk mencetak segala dokumen yang Anda butuhkan.

Jika Anda ingin menggunakan printer, maka hal pertama yang perlu dilakukan yakni menyambungkan printer tersebut sehingga akan terhubung dengan komputer atau laptop yang dimiliki. Namun ternyata masih banyak orang yang berpikir bahwa menyambungkan printer merupakan hal yang sulit, padahal tidak selalu demikian. Terdapat cara mudah yang bisa Anda pilih untuk menyambungkannya.

Cara Sambung Printer ke Laptop, Ternyata Gampang!
isupportou.com

Cara Sambung Printer ke Laptop, Ini Tips dan Langkah Mudahnya

Printer memberikan manfaat untuk keperluan cetak dokumen. Sebelum menyambungkan printer ke laptop, pastikan bahwa printer sudah Anda tambahkan ke laptop tersebut. Jika Anda ingin menghubungkan printer dengan laptop, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti terlebih dahulu.

Siapkan Driver dan Kabel Bawaan Printer

Maksud dari driver yakni CD/DVD bawaan dari printer tersebut. CD/DVD ini yang isinya software dan bisa Anda gunakan untuk menginstall di laptop atau computer. Sehingga laptop Anda bisa dengan mudah terhubung ke printer. Adapun kabel yang digunakan saat menghubungkan laptop serta komputer.

Laptop Tidak Terlalu Jauh dengan Printer

Jika Anda ingin menggunakan printer pada laptop, baik menggunakan kabel atau menggunakan wifi, akan lebih baik jarak antara laptop dengan komputer tidak terlalu jauh. Saat menggunakan kabel untuk melakukan print, maka tidak bisa jauh dari printer. Sementara saat menggunakan nirkabel juga tidak bisa terlalu jauh akibat jangkauan wifi terbatas.

Pastikan Printer Menyala

Cara sambung printer ke laptop pastikan printer tidak mengalami gangguan atau tidak rusak. Jika printer rusak dan tetap disambungkan justru hanya akan sia sia karena tetap tidak bisa Anda gunakan.

Pastikan Mengetahui IP Printer

Jika Anda ingin mengeprint dengan wifi atau tanpa kabel, maka perlu mengetahui ip dari printer. Ip yang berfungsi dalam menyambungkan laptop dengan printer agar bisa print dokumen dan data lainnya.

Sambung Printer ke Laptop dengan Menggunakan Kabel

Cara sambung printer ke laptop terdapat 2 cara yang bisa Anda gunakan. Salah satunya Anda bisa menghubungkan printer dengan laptop menggunakan kabel. Anda harus install software printer di laptop terlebih dahulu. Caranya Anda hanya perlu menyiapkan CD/DVD untuk install printer dan juga kabel. Berikut ini adalah cara mudah untuk menyambungkan printer ke laptop.

  • Pertama, hidupkan printer dan pastikan kabel terpasang.
  • Setelah itu, hubungkan printer dan laptop dengan kabel.
  • Selanjutnya, masuk ke Control Panel, pilih Hardware and Sound.
  • Kemudian, pilih Devices and Printers, lalu pilih Add Printer.
  • Berikutnya, pilih Add a Local Printer dan pilih Use an Existing Port.
  • Anda bisa memilih port mana yang sesuai dengan yang akan dipasang ke Laptop.
  • Selanjutnya, pilih Model Printer dan Merk Printer yang digunakan, lalu tekan Next.
  • Tahap selanjutnya Anda hanya perlu mengikutinya. Step by step sudah selesai, lalu cukup klik Finish.

Sambung Printer ke Laptop dengan WIFI atau Bluetooth

Cara sambung printer ke laptop berikutnya yang bisa Anda gunakan yakni dengan wifi atau tanpa kabel. Pada cara ini tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, kini bisa ikuti caranya berikut ini.

  • Pertama, pastikan printer hidup dan kabel sudah terpasang.
  • Setelah itu, masuk Control Panel, lalu pilih Hardware and Sound dan Device and Printer.
  • Selanjutnya, pilih add printer, lalu pilih add a network, wireless or bluetooth printer.
  • Kemudian, pastikan wifi dan printer sudah menyala.
  • Berikutnya akan muncul icon printer yang akan digunakan, lalu hanya perlu ikuti saja langkah langkahnya.

Cara sambung printer ke laptop dengan mudah yang siap mendukung kebutuhan sehari-hari. Anda yang bisa segera praktikkan jika printer yang dimiliki sudah siap.