Berikut 2 Cara Reset Aplikasi Default di Android yang Gampang

Bagaimana cara reset aplikasi default di Android? Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua pengguna hp akan menggunakan versi iPhone, tetapi justru kebanyakan orang masih membeli ponsel versi Android. Hal tersebut karena harga hp Android jauh lebih terjangkau daripada jika membeli ponsel pabrikan Apple.

Namun meskipun begitu, spesifikasi hp Android masih tetap standar, sehingga tidak jauh berbeda dari versi iPhone. Namun akhir-akhir ini ada beberapa orang yang membicarakan tutorial reset aplikasi default pada Android? Karena memang biasanya hal ini akan dilakukan oleh penggunanya dengan tujuan untuk mengatur setelan di ponsel.

Selain itu, untuk hp versi android sendiri tentu akan ada banyak aplikasi bawaan, salah satunya adalah browser. Sedangkan ketika kamu belum mengatur setelan menjadi default, maka setiap perangkat akan menanyakan aplikasi mana yang ingin digunakan setiap saat.

Oleh karena itu untuk pengguna Android, harus mereset aplikasi defaultnya. Hal ini dilakukan supaya saat akan menggunakan suatu aplikasi, maka tidak ditanya lagi mengenai penggunaannya. Aangat penting untuk menyetelnya sebagai default, setidaknya sampai ada tindakan “Selalu”.

Cara Reset Aplikasi Default di Android
Pixabay.com

Simak Lengkap Informasi Mengenai Cara Reset Aplikasi Default di Android

Biasanya setiap pengguna akan diharuskan untuk menghapus default masing-masing aplikasi sebelum menerapkan yang lainnya, namun kini ada banyak hal telah berubah. Bahkan sekarang kamu bisa menggunakan cara sederhana untuk mereset aplikasi default di Android.

Penasaran bukan dengan bagaimana caranya? Semua informasi tersebut silahkan bisa disimak di bawah ini.

Cara Reset Aplikasi Default di Android Melalui Menu

Karena memang kebanyakan orang masih menggunakan hp versi Android, maka di bawah ini akan dijelaskan mengenai langkah reset aplikasinya. Bagi kamu yang belum tahu dan sangat penasaran, silakan simak penjelasannya.

  • Langkah pertama kamu bisa masuk ke menu pengaturan, lalu ketuk “Aplikasi”.
  • Berikutnya kamu bisa menekan opsi titik tiga di bagian pojok kanan atas, dan silahkan pilih “Aplikasi Default”.
  • Lalu akan muncul 2 pilihan yaitu “Atur Aplikasi Default Secara Otomatis”, atau “Tanya Sebelum Mengatur Aplikasi Default”.
  • Sedangkan untuk pilihan opsi pertama berarti file akan terbuka secara otomatis dengan menggunakan aplikasi yang sudah ditentukan, sedangkan di opsi kedua maka akan selalu ditanya mengenai aplikasi untuk membuka file.
  • Kemudian kamu dapat menentukan ingin reset aplikasi default sesuai keinginan, dan langkahnya selesai

Bagaimana Cara untuk Menghapus Pengaturan Default di Android?

Setelah kita membahas mengenai cara reset aplikasi default di android, maka berikutnya kita akan menjelaskan langkah menghapus pengaturan tersebut. Penasaran bukan dengan langkahnya? Silahkan simak ulasannya.

  • Langkah pertama kamu dapat membuka “Pengaturan”, lalu “Aplikasi” dan ketuk “Semua Aplikasi”.
  • Lalu bisa kamu cari aplikasi mana yang akan dihapus defaultnya, misalnya chrome.
  • Berikutnya kamu dapat gulir ke bawah, dan ketuk opsi “Atur Sebagai Default”.
  • Maka nanti akan muncul pilihan “Hapus Default” dan klik saja, maka chrome tidak lagi digunakan untuk membuka file secara default.
  • Setelah semua langkah dilakukan, maka selesai.

Kumpulan Keuntungan Reset Aplikasi di Hp Android

Perlu kamu ketahui bahwa ternyata ada beberapa keuntungan yang kamu dapatkan, ketika melakukan cara reset aplikasi default di Android. Beberapa diantaranya adalah.

Ponsel Menjadi Bersih dari Malware dan Virus

Ketika melakukan reset di hp Android, maka hal tersebut akan sangat menguntungkan, Sebab ponsel kamu menjadi jauh lebih bersih dari virus, karena memang terkadang aplikasi di dalam ponsel banyak membawa malware.

Kinerja Ponsel Menjadi Lebih Optimal

Mungkin beberapa pengguna Android akan sering melakukan reset aplikasi, sebab hal ini mampu mempengaruhi kinerja ponsel. Sedangkan jika hp kamu merasa berat dan sering eror, maka disarankan untuk melakukan cara reset aplikasi default di Android supaya kinerjanya kembali optimal.

Menjadikan Kapasitas Penyimpanan Menjadi Lebih Longgar

Ketika seorang pengguna ponsel Android melakukan reset, maka semua file di dalam hp akan terhapus keseluruhan. Sehingga ketika kamu melakukan hal tersebut, otomatis kapasitas penyimpanan di ponsel akan jauh lebih longgar.

Cara reset aplikasi default di Android tadi bisa kamu terapkan ketika ponsel mengalami error, atau saat pengguna ingin pengaturannya lebih simple. Semoga bermanfaat, dan selamat membaca.

Check Also

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

4 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Jaga Privasi dan Keamanan 

iPhone merupakan salah satu merk smartphone yang selalu memiliki banyak peminat. Dengan demikian pengguna iPhone …