Thursday , May 30 2024
Cara Menjadikan Laptop Sebagai Server
Unsplash.com

3 Cara Menjadikan Laptop Sebagai Server Internet di Windows

Website di masa sekarang tidak lagi menjadi hal awam untuk setiap orang. Website sendiri merupakan sarana online yang didalamnya terdiri dari sebuah Domain. Anda kini bahkan bisa membuat website sendiri menggunakan laptop pribadi. Berikut ini kita akan membahas cara menjadikan laptop sebagai server dengan mudah. 

Cara Menjadikan Laptop Sebagai Server
Unsplash.com

Cara Menjadikan Laptop Sebagai Server Internet di Windows 

Untuk menjadikan komputer atau laptop menjadi sebuah web server, kini tidak perlu memiliki spesifikasi laptop super canggih atau cepat. Meskipun terkadang dibutuhkan juga untuk mempercepat aplikasi yang digunakan. Syarat utamanya, laptop harus memiliki spesifikasi mumpuni sebagai server. 

Bagi Anda yang ingin membuat web server di Windows bisa dilakukan dengan cara mudah. Untuk tahu caranya simak terus penjelasannya di bawah ini. 

Menggunakan XAMPP 

Cara menjadikan laptop sebagai server yang pertama dengan memanfaatkan XAMPP. Cara yang satu ini paling populer dan banyak digunakan. Dengan XAMPP Anda bisa membuat web server Apache di Windows dengan mudah dan sudah termasuk dengan Mariadb, Perl, dan PHP. 

Caranya pembuatan yang mudah menjadikan cara ini populer. Langkah pertama adalah dengan download software XAMPP dan install software tersebut di Windows. Sebagai peringatan, hindari mengunduh XAMPP di drive C karena terdapat beberapa fungsi yang bisa terganggu akibat User Account Control aktif. 

Untuk lebih mudahnya bisa juga menginstall di drive D atau drive lainnya selain C. Setelah melewati semua proses instalasi selesai, Anda bisa klik Start di service module yang ingin Anda aktifkan. Kemudian letakkan folder root website Anda di folder instalasi dari xampp\htdocs\. 

Jika sudah selesai, Anda bisa mengaksesnya dengan buka browser dan ketikkan localhost/namafolderwebsite/. Website Anda akan secara otomatis terbuka di local server. 

Menggunakan IIS 

Anda juga bisa memanfaatkan Microsoft IIS atau Internet Information Services. IIS ini sudah ada di Windows, tetapi tidak bisa aktif secara default. Untuk itu Anda perlu mengaktifkannya, berikut caranya 

  • Untuk mengaktifkannya dengan mengetikkan di search bar Turn Windows Features On or Off, kemudian klik untuk membukanya. 
  • Lalu beri tanda centang di menu Internet Information Services, kemudian klik OK dan tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah selesai ketikkan IIS pada kolom pencarian dan buka Internet Information Services Manager. 
  • Selanjutnya klik dropdown pada panel Connections yang berada di sebelah kiri, lalu klik Sites. Disinilah Anda akan mendapatkan daftar website yang ada di Windows Anda. 
  • Jika sudah mengaktifkannya, seharusnya hanya ada Default Web Site saja di panel tersebut. 
  • Anda bisa menambahkan website baru dengan klik Add Website dari panel sebelah kanan. 
  • Kemudian masukkan detail website yang Anda inginkan pada bagian Site Name. 
  • Pada bagian Physical Path bisa Anda browse dan membuat folder root dimana berbagai file website Anda disimpan. 
  • Untuk defaultnya, Anda bisa simpan dengan membuat sub folder website di C;\inetpub\wwwroot. 
  • Jika Anda memiliki static IP untuk website bisa isikan IP di kolom yang tersedia. Namun, jika Anda ingin membuat local web server, maka tidak perlu melakukannya dan biarkan saja kolom IP tetap default. 
  • Pada bagian Hostname bisa isikan hostname website sesuai keinginan Anda. Seperti misalnya www.website.com atau bisa website.com. 
  • Setelah selesai, Anda bisa langsung membuka browser dan akses localhost/namafolderwebsite dan website Anda bisa dapat diakses di local web server Windows. 

Tanpa Software 

Cara menjadikan laptop sebagai server terakhir dengan menggunakan setting di laptop atau komputer. Berikut caranya: 

  • Pertama setting di komputer server untuk networknya dengan membuat group agar komputer mana saja bisa mengakses server berikut. 
  • Workgroup harus sama dengan server agar dapat mengakses server komputer lain. Untuk mengubah pada komputer yang workgroupnya belum sama dengan klik Start kemudian My Computer lalu Properties klik Computer Name dan klik Change. 
  • Untuk setting server bisa diakses ke semua komputer dapat diatur dengan buka Control Panel dan pilih Network and Internet lalu klik Network and Sharing Center. 
  • Kemudian klik Change Advanced Sharing Setting dan ubah semua setting agar bisa dilihat dan diakses komputer lainnya. Setelah selesai klik Save Changes

Itulah beberapa cara menjadikan laptop sebagai server yang bisa Anda coba. Selain cara diatas, Anda juga bisa memanfaatkan WampServer atau Winginx. Selamat mencoba. 

Check Also

Cara Update Aplikasi di Laptop

2 Cara Update Aplikasi di Laptop Windows dengan Mudah

Cara update aplikasi di laptop bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu banyak langkah. Perangkat Windows …