Sunday , April 28 2024
4 Cara Reboot Laptop Agar Perangkat Tidak Lagi Lemot, Simak!
pixabay.com

4 Cara Reboot Laptop Agar Perangkat Tidak Lagi Lemot, Simak!

Cara reboot laptop harus diketahui oleh pengguna laptop. Proses reboot sebenarnya sama saja dengan proses restart. Melakukan proses reboot saat kondisi laptop sering kita gunakan, sangat penting untuk dilakukan. Sehingga proses  kinerja laptop terus maksimal kegunaannya untuk menyetel ulang sistem laptop.

Mungkin sebagian orang sering mengabaikan proses restart karena takut semua data penting dalam laptop menghilang. Padahal, proses ini tidak akan menghapus semua data penting yang ada di laptop dan hanya menyetel ulang sistem operasinya saja.

Restart juga bisa dijadikan sebagai solusi, jika laptop Anda mengalami kendala atau masalah seperti lemot atau tidak mau merespon perintah. Sebenarnya setiap laptop dibekali dengan fitur untuk restart, shutdown, dan sleep yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

4 Cara Reboot Laptop Agar Perangkat Tidak Lagi Lemot, Simak!
pixabay.com

Cara Reboot Laptop, Simak 4 Langkahnya Berikut!

Reboot laptop memang sudah tidak asing kita dengar. Hal ini, karena sering dilakukan oleh para pengguna laptop untuk mengembalikan fungsi laptop. Namun, beberapa pengguna pemula masih sering merasa takut atau bahkan tidak bisa melakukannya,  dengan berbagai alasan.

Proses ini relatif aman dilakukan, jika kita mengetahui seluk beluk dan tata caranya dengan baik dan benar. Jangan sampai, ketika kita masih pemula dan awam tidak mencari tahu tips terbaik untuk melakukan prosesnya. Dengan proses reboot ini, kinerja laptop akan terasa lebih ringan, dan tidak mudah lemot. Oleh karena itu, simak tata caranya berikut ini.

Cara Restart Melalui Menu Windows/Start

Cara reboot laptop yang pertama ini cukup umum digunakan, dan dapat diaplikasikan ke semua laptop yang memiliki fitur Windows di dalamnya. Menu untuk melakukan proses ini terkadang biasa kita sebut dengan menu start. Fitur ini biasanya menyediakan opsi shutdown, sleep dan restart yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan serta kebutuhan.

Pertama-tama, buka laptop Anda, kemudian klik Windows yang berada di sebelah kiri bagian bawah layar laptop. Setelah itu,  kemudian pilih tombol power. Selanjutnya pilih menu restart untuk memuat ulang laptop Anda. Dalam melakukannya, biasanya laptop akan langsung memulai proses restart. Sehingga, sebaiknya hentikan segala aktivitas Anda sesaat selama proses sedang berlangsung.

Tunggu hingga proses restart selesai biasanya memang membutuhkan waktu beberapa saat untuk memulihkan sistem pada laptop. Setelah itu, secara otomatis laptop akan langsung menyala setelah proses restart selesai dan Anda bisa menggunakannya kembali.

Menggunakan Kombinasi CTRL + ALT + DEL

Cara reboot laptop berikutnya Anda juga bisa menggunakan keyboard untuk melakukan restart pada laptop dengan menggunakan kombinasi tertentu. Cara ini memang masih jarang diketahui oleh penggunanya karena kebanyakan lebih memilih menggunakan menu start.

Pertama, Anda bisa langsung menekan kombinasi CTRL + ALT + DEL yang terletak pada keyboard laptop secara bersamaan. Kemudian arahkan mouse ke ikon power kemudian pilih opsi restart menggunakan tombol panah bawah yang terletak pada keyboard.

Kemudian tekan enter untuk melanjutkan secara otomatis laptop akan masuk ke mode restart. Tunggu hingga prosesnya selesai dilakukan. Setelah laptop kembali menyala Anda bisa langsung menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaan yang sempat tertunda.

Menggunakan Kombinasi Windows + X

Cara reboot laptop Anda juga bisa menggunakan kombinasi Windows + X untuk memulai proses restart pada laptop. Cara ini tidak kalah mudah dengan cara sebelumnya. Anda tidak perlu merasa khawatir ketika akan melakukan proses restart menggunakan kombinasi ini.

Pertama Anda bisa langsung menekan ikon Windows bersamaan dengan tombol X pada keyboard kemudian akan muncul menu navigasi. Anda bisa menggunakan tombol panah kanan untuk memilih restart setelah itu Anda bisa tekan enter pada keyboard.

Biasanya laptop akan langsung melakukan proses restart Anda hanya perlu menunggu hingga proses restart ini selesai dilakukan. Untuk proses ini memang membutuhkan waktu beberapa saat jangan lakukan apapun selama proses restart berlangsung.

Menggunakan Kombinasi ALT + F4

Cara berikutnya masih menggunakan keyboard Anda bisa menggunakan kombinasi tombol ALT dengan tombol F4 untuk restart. Cara ini biasa Anda gunakan pada Windows 11 dan Windows 10 saja sistem operasi dibawah atau diatasnya tidak bisa menggunakan cara ini.

Cara reboot laptop yang pertama Anda bisa menekan kombinasi ALT + F4 pada keyboard kemudian Anda bisa menggunakan anak panah. Kemudian pilih opsi restart yang berada di bawah menu shutdown setelah itu klik enter lalu oke, tunggu hingga proses selesai.