Tuesday , April 30 2024
5 Cara Merotasi Layar Laptop dengan Mudah di Windows dan Mac OS
pixabay.com

5 Cara Merotasi Layar Laptop dengan Mudah di Windows dan Mac OS

Apakah Anda tahu cara merotasi layar laptop yang benar? Ini mungkin menjadi salah satu cara yang bisa berguna suatu saat nanti. Beberapa orang mungkin justru masih belum tahu bahwa layar laptop bisa berubah arah.

Komputer atau laptop Windows 10 ini memang bisa kita bolak-balik sesuai keinginan. Mungkin ini sebenarnya termasuk hal yang tidak biasa. Namun, tidak ada salahnya mengetahui cara merotasi layar pada komputer atau laptop yang bisa saja Anda butuhkan di masa depan.

Apalagi sebenarnya cara melakukan ini tidak begitu sulit. Langkah-langkahnya termasuk sedikit dan dengan mudah Anda ingat.

5 Cara Merotasi Layar Laptop dengan Mudah di Windows dan Mac OS
pixabay.com

5 Cara Merotasi Layar Laptop yang Benar

Saat ini hampir semua orang memiliki laptop. Penggunaan laptop memang naik secara drastis selama beberapa tahun terakhir mengikuti trend daring atau kegiatan online melonjak naik.

Kini dari mulai pelajar hingga kantoran sepertinya wajib memiliki laptop agar lebih mudah dalam menjalankan kegiatannya. Nah, laptop ini memiliki banyak sekali fitur rahasia, salah satunya adalah layar yang bisa dirotasi.

Mungkin Anda juga belum tahu mengenai hal ini. Tetapi, layar laptop atau komputer dapat Anda arahkan sesuai dengan keinginan dengan cara khusus.

Cara untuk merotasi atau membalikkan layar laptop ini sebaiknya Anda ketahui. Sebab, kita pastinya tidak tahu kapan ilmu ini akan digunakan di dalam kehidupan.

Untuk Anda yang penasaran, maka bisa melakukan cara merotasi layar laptop dengan mudah. Berikut ini beberapa pilihan cara yang dapat Anda pilih.

Merotasi Layar Laptop dengan Bantuan Keyboard

Pilihan pertama ini kita mulai dari yang cukup mudah. Keyboard merupakan komponen laptop yang berguna untuk Anda mengetik.

Namun demikian, tanpa Anda sadari sebenarnya keyboard dapat menjalankan perintah. Setiap kombinasi keyboard dapat memunculkan shortcut pada laptop, termasuk merotasi layar menjadi ke arah yang berbeda.

Untuk dapat melakukan cara merotasi layar laptop menggunakan keyboard, maka Anda harus melakukan kombinasi tombol. Adapun tombol-tombol yang harus Anda perhatikan adalah Ctrl + Alt + (Arah Panah). Ini penjelasan lengkapnya:

  • Ctrl + Alt + Tombol Panah Bawah untuk membalik tampilan layar laptop.
  • Ctrl + Alt + Tombol Panah Atas untuk mengembalikan tampilan layar laptop seperti semula.
  • Ctrl + Alt + Tombol Panah Kanan untuk membalik layar ke kanan 90 derajat.
  • Ctrl + Alt + Tombol Panah Kiri untuk membalik layar ke kiri 90 derajat.

Merotasi Layar dengan Display Setting

Pilihan selanjutnya dalam cara merotasi layar laptop adalah dengan melalui pengaturan atau Display Setting. Ini merupakan pengaturan bawaan dari Windows laptop atau komputer.

Cara melakukannya juga sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan hanya mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Klik kanan pada bagian layar utama dan pilih menu ‘Display Setting’.
  • Jika sudah, pergi ke menu ‘Orientation’.
  • Pada menu tersebut akan muncul beberapa pilihan untuk memutar layar, Anda bisa pilih mode Landscape atau Flipped.

Hanya dengan melakukan langkah-langkah tersebut, maka tampilan layar sudah terbalik menjadi 180 derajat.

Merotasi Layar Laptop dengan Menggunakan Intel Graphic Option

Agar bisa melakukan cara berikutnya ini, Anda harus memastikan bahwa laptop yang dimiliki menggunakan chipset dari Intel. Sebab, pilihan Graphic Option hanya tersedia di chipset Intel.

Umumnya laptop yang menggunakan prosesor atau chipset dari Intel memiliki grafis yang terintegrasi. Untuk melakukan cara merotasi layar laptop dengan cara ini tidaklah rumit.

Biasanya. tampilan dari Graphic Option sudah akan muncul otomatis ketika Anda klik kanan pada bagian layar. Ketika sudah menemukan Graphic Options, maka pilih ‘Rotate’. Kemudian Anda bisa memilih berapa derajat kemiringan layar laptop.

Pilihan tersebut mulai dari 90 derajat, 190 derajat, hingga 270 derajat. Apabila Anda ingin merotasi layar hingga terbalik, maka pilihlah opsi 180 derajat.

Merotasi Layar Laptop dengan AMD Catalyst

Apabila Anda Menggunakan kartu grafis AMD, maka cara merotasi layar laptop ini bisa menjadi pilihan. Anda hanya perlu masuk ke dalam program AMD Catalyst.

Dulunya AMD memiliki nama AMD Catalyst Control Center. Sedangkan saat ini namanya sudah berubah menjadi AMD Radeon Software Crimson Edition. Meski begitu, sebagian besar orang masih lebih mengenalnya sebagai AMD Catalyst.

Langkah-langkah melakukannya pun juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu masuk ke bagian software AMD Catalyst dan setelahnya klik bagian kanan layar. Apabila berhasil, kemudian pilih menu ‘Common Disay Tasks’ dan selanjutnya adalah ‘Rotate Desktop’.

Merotasi Layar Laptop Mac OS

Tidak semua laptop menggunakan sistem Windows. Laptop milik perusahaan Apple memiliki sistem mereka sendiri. Laptop Apple ini biasa terkena dengan Mac.

Mac OS berbeda dengan Windows. Sebab, cara merotasi layar laptop di Mac OS kini tidak bisa dilakukan lagi. Hana pengguna Mac OS X Yosemite ke bawah yang bisa melakukannya.

Agar tidak penasar, cara melakukannya hanya perlu menekan tanda Command Option dan klik menu Displays. Nantinya Anda akan menemukan menu rotasi layar yang dapat dipilih.

Untuk Anda pengguna Mac OS di atas Yosemite, maka sepertinya lebih baik menghindari rotasi layar. Sebab merotasi arah layar hanya akan membuat Mac OS Anda menjadi error.

Dengan demikian, sebaiknya Anda tidak sembarangan merotasi layar Mac OS jika tidak ingin merugi. Jika memang sangat ingin mencoba, maka pastikan Mac OS tersebut di bawah Yosemite sehingga masih tergolong aman.

Tujuan Merotasi Layar Laptop

Mungkin sebagian pengguna saat ini berpikir, kenapa harus mengetahui cara merotasi layar laptop padahal layar biasa saja sudah sangat nyaman.

Padahal, merotasi atau memutar layar laptop ini memiliki tujuan tertentu. Berikut beberapa tujuannya:

  • Melatih Perbedaan Pergerakan Kursor

Saat laya Anda balik, maka pergerakan kursor akan melakukan kebalikannya. Misalnya, jika Anda gerakkan kursor ke kanan akan bergerak ke kiri.

  • Untuk Jahil

Kalau tujuan ini sebenarnya hanya untuk main-main saja. Anda bisa menjadi teman Anda yang masih tidak tahu cara membalik layar laptop. Sudah pasti dia akan panik.

  • Melihat Gambar

Kini ada banyak sekali gambar yang memiliki arti luas. Gambar tersebut bisa memberikan sudut pandang yang berbeda. Dengan melakukan rotasi layar, laptop, maka Anda akan lebih mudah dalam memahami arti gambar tersebut.

Perlu Anda ketahui, meski Windows memiliki fitur untuk memutar layar pada laptop, tetapi sebenarnya produsen hardware bisa menghilangkannya. Itulah kenapa, Anda harus melakukan beberapa cara khusus.

Sebagian besar laptop keluaran terbaru saat ini sudah memiliki fitur rotasi layar ini. Anda bahkan juga bisa mengecek laptop apakah sudah mendukung fitur satu ini atau tidak.

Jika ada, maka pastinya Anda bisa langsung mencoba melakukan cara untuk membalik layar laptop seperti yang dijelaskan di atas. Pilihlah cara yang menurutmu paling mudah. Jika gagal, maka bisa menggunakan cara lainnya.

Lagipula, cara merotasi layar laptop tidaklah sulit. Melakukan cara ini juga tidak berbahaya, kecuali untuk Anda para pengguna Mac OS diatas Yosemite karena bisa menyebabkan hal buruk terjadi.

 

 

Check Also

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

4 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Jaga Privasi dan Keamanan 

iPhone merupakan salah satu merk smartphone yang selalu memiliki banyak peminat. Dengan demikian pengguna iPhone …