Saturday , April 27 2024
Inilah 3 Cara Scan Barcode di HP Sendiri Tanpa Aplikasi
youtube.com

Inilah 3 Cara Scan Barcode di HP Sendiri Tanpa Aplikasi

Cara scan barcode di hp sendiri tanpa aplikasi melalui beberapa tahapan mudah. Pada era digital seperti saat ini, tentu sudah tidak asing lagi dengan QR Code. QR code merupakan teknologi praktis yang semakin banyak masyarakat gunakan pada era serba digital. QR code menjadi singkatan dari quick response code, yakni barcode dua dimensi yang bisa memberikan berbagai jenis informasi secara langsung.

Biasanya kode ini mampu menyimpan 2089 digit atau 4289 karakter, termasuk tanda baca serta karakter spesial. Oleh karena itu, QR code bisa menampilkan teks pada pengguna, membuka URL, menyimpan kontak ke buku telepon, dan lain sebagainya.

Proses scan QR Code tidak membutuhkan alat khusus seperti scan barcode. Anda bisa menggunakan smartphone untuk proses scan QR Code. Cara scan QR Code melalui HP Android terbilang cukup mudah. Bahkan, cara scan QR Code pada HP Android ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan.

Inilah 3 Cara Scan Barcode di HP Sendiri Tanpa Aplikasi
youtube.com

3 Cara Scan Barcode di HP Sendiri Tanpa Aplikasi Paling Mudah

Setiap HP Android dan iPhone biasanya memiliki aplikasi pembaca barcode dan QR code. Namun, ada beberapa varian perlu menggunakan bantuan aplikasi tambahan untuk scan barcode dan QR code. Berikut ini adalah cara scan barcode di hp android dan iPhone tanpa bantuan aplikasi tambahan.

Scan Barcode di HP iPhone

iPhone bisa Anda gunakan untuk melakukan scan barcode di HP tanpa bantuan aplikasi apa pun. Anda hanya perlu memanfaatkan aplikasi kamera yang tersedia. Sebelum melakukan cara scan barcode di HP sendiri tanpa aplikasi, perlu dengan melakukan beberapa pengaturan. Mengutip dari HelloTech, simak berikut ini.

  • Buka pengaturan pada iPhone, lalu klik menu kamera yang tersedia.
  • Setelah itu, aktifkan fitur ‘Scan QR Codes’. Selanjutnya aktifkan fitur ini, scan barcode pada iPhone bisa segera digunakan melalui kamera.

Scan barcode di HP juga sangat mudah setelah menyelesaikan perubahan pengaturan tersebut. Mengutip dari HelloTech, berikut ini adalah cara scan barcode menggunakan iPhone.

  • Buka aplikasi kamera yang tersedia, lalu arahkan kamera ke barcode berjenis QR Codes yang ada.
  • Selanjutnya tunggu hingga iPhone terlihat merespons dari pembacaan QR Code.
  • Setelah itu, pilih respons yang Anda inginkan.

Scan Barcode di HP Android Menggunakan Aplikasi Bawaan

Cara scan barcode di hp sendiri tanpa aplikasi selanjutnya sangat mudah. Untuk memindai barcode, dengan catatan smartphone Android Anda harus sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan seperti Scanner atau pemindai. Berikut ini adalah langkah menggunakannya.

  • Buka aplikasi scanner yang terdapat pada Android Anda. Biasanya ada di fitur kamera atau pada bagian pengaturan jendela layar.
  • Selanjutnya, fokuskan kamera utamanya pada QR Code yang ingin Anda pindai.
  • Nantinya dalam hitungan detik, Anda akan dialihkan ke halaman hasil yang berupa sebuah tautan atau portal. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi, maka bisa menekan tombol “Go to Website”.
  • Kemudian, Anda akan menuju mesin pencarian dan mengunjungi portal dari hasil QR Code tersebut.

Scan Barcode di HP Android Menggunakan Google Lens

Bagi para pengguna HP Android, Anda juga bisa menggunakan salah satu fitur dari Google Assistant, yakni Google Lens untuk memindai barcode dan QR code. Cara scan barcode di hp sendiri tanpa aplikasi cukup mudah, simak langkahnya berikut.

  • Pastikan ponsel Anda sudah support dengan aplikasi Google Lens.
  • Selanjutnya jika HP sudah terpasang Google Lens, lalu buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman aplikasi Google Lens, Anda akan menjumpai beberapa menu seperti Translate, Text, Search, Homework, Shopping, Place, dan Dining. Jika ingin mengetahui informasi secara umum atau general, Anda bisa pilih opsi Search atau pencarian.
  • Setelah itu, dekatkan ponsel Anda yang sudah terbuka aplikasi Google Lens pada QR Code produk. Secara otomatis aplikasi tersebut akan fokus terhadap QR Code, lalu tekan ikon lup yang bernama “Tap the shutter button to search”.
  • Cara scan QR Code berikutnya akan muncul beberapa informasi mengenai produk tersebut dari Google.

Cara scan barcode di HP sendiri tanpa aplikasi yang mendukung fitur scan barcode cukup mudah. Anda bisa langsung menggunakan cara ini untuk berbagai macam hal. Saat ini tidak perlu bingung lagi jika akan membaca informasi dari barcode.