Tuesday , January 31 2023
tanggung jawab call center
pixabay.com

Mengenal 3 Tugas dan Tanggung Jawab Call Center dan Jenisnya

Apa saja tugas dan tanggung jawab call center? Lalu apa saja jenis layanan yang selalu ditawarkan pihak call center? Saat ini layanan call center menjadi suatu wadah informasi yang ditawarkan setiap pelanggan.

Selain itu, call center juga mempunyai tugas untuk menjawab semua kebutuhan informasi yang didapat dari pelanggan. Nah, ingin mempelajari lebih dalam mengenai layanan call center ini? Yuk, langsung saja ikuti informasinya berikut ini.

tanggung jawab call center
pixabay.com

Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab Call Center

Call center adalah layanan informasi yang menerima panggilan telepon dari setiap pelanggannya. Tujuannya yakni untuk memberikan informasi terkait kebutuhan pelanggan.

Tak hanya itu, dengan adanya posisi tersebut tentunya juga sangat berperan penting untuk mempermudah menawarkan produk maupun jasa perusahaan. Lantas apa saja tugas serta tanggung jawab dari call center? Nah, berikut ini penjabarannya.

Tanggung Jawab dan Tugas Call Center

Jika dilihat dari tujuan yang sudah dijelaskan, call center tentunya mempunyai tugas maupun tanggung jawab yang sangat penting. Posisi tersebut akan selalu melakukan komunikasi serta penyampaian informasi kepada para pelanggannya melalui telepon. Berikut ini rincian dari tugas dan tanggung jawab call center dalam suatu perusahaan.

1. Memberi Informasi Mengenai Detail Produk/Jasa

Agen call center sangat bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi kepada pelanggan terkait produk maupun jasa yang ditawarkan. Selain itu, mereka juga akan selalu memberi pelayanan yang menunjang kepuasan kepada pelanggan.

2. Memberi Solusi yang Terbaik

Perlu kamu ketahui, setiap harinya agen call center selalu menerima pertanyaan terkait produk atau jasa yang sedang dikeluhkan para pelanggan. Maka dari itu, tanggung jawab call center yang harus diselesaikan yakni memberi solusi terbaik mengenai masalah yang dikeluhkan para pelanggannya.

3. Melakukan Penjualan

Tugas dan tanggung jawab call center berikutnya yaitu melakukan penjualan kepada para pelanggan. Pada umumnya, agen call center akan memberi penjelasan detail mengenai produk maupun jasa dengan tujuan supaya pelanggan tertarik untuk membelinya. Nah, dalam melakukan hal tersebut, para agen harus mempunyai taktik dengan melihat hal yang sangat dibutuhkan para pelanggan.

Jadi, itulah serangkaian tugas serta tanggung jawab para agen call center. Untuk selanjutnya, kamu juga perlu memperhatikan pembagian tugas serta jenis layanan dari call center seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Pembagian Tugas dalam Call Center

Setiap call center tentunya mempunyai pembagian tugas sesuai dengan bidang-bidangnya. Sehingga hal tersebut tidak hanya dikerjakan dalam satu bidang saja. Nah, berikut ini diantaranya.

1. Operator/Agent

Operator/agent mempunyai peran untuk menerima panggilan telepon yang dimulai dari salam pembuka, melayani keluhan, hingga memenuhi permintaan pelanggan melalui telepon atau perangkat lainnya.

2. Supervisor Agent

Pada bagian ini mempunyai peran dalam melakukan validasi data input yang didapat dari agent. Selain itu, juga berperan dalam mengevaluasi kinerja harian pada agen call center.

3. Petugas Customer Service

Nah, untuk bagian Customer Service yang ada di perusahaan biasanya selalu menerima permintaan ataupun pengaduan dari klien. Selain itu, mereka juga akan memberi solusi terbaik terkait keluhan yang dihadapi para pelanggan.

Jenis-Jenis Layanan dari Call Center

Jika di atas tadi sudah dijelaskan mengenai tugas dan tanggung jawab call center, maka selanjutnya kamu juga perlu mengetahui jenis layanannya. Nah, berikut ini serangkaian layanan dari call center.

1. Pusat panggilan Masuk (Inbound Call Center)

Layanan call center jenis ini berfungsi sebagai penerima panggilan telepon yang telah masuk ke perusahaan. Conthnya, seorang pelanggan yang menelepon ke perusahaan untuk menanyakan suatu hal. Nah, itu dinamakan inbound call center.

2. Pusat panggilan Keluar (Outbound Call Center)

Outbound call center bertugas untuk melakukan panggilan keluar kepada para pelanggan atau mitra. Pada umumnya, hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menawarkan produk maupun survei terkait layanan bisnis yang sedang dijalankan.

3. Pusat Panggilan Domestik

Pusat panggilan domestik ini merupakan jenis layanan yang melakukan panggilan hanya di wilayah yang ada di dalam negeri. Sehingga agen call center hanya perlu melakukan komunikasi pada satu negara saja.

4. Pusat Panggilan Internasional

Untuk pusat panggilan internasional ini mempunyai jangkauan komunikasi hingga ke berbagai negara luar. Sehingga, jika ada pelanggan yang berada di luar negeri dan melakukan panggilan ke perusahaan, maka itu disebut panggilan internasional.

Demikian informasi mengenai tugas dan tanggung jawab call center beserta jenis-jenisnya. Nah, sekarang tentunya kamu sudah memahami semua hal dijelaskan diatas mengenai layanan call center.

Check Also

Call Center Telemarketing

Call Center Telemarketing, Ketahui 5 Tugas dari Layanan Ini!

Call center telemarketing merupakan pusat bantuan yang berhubungan dengan segala informasi dari sebuah layanan atau …