Monday , April 29 2024
Cara Merestart Laptop Asus dengan Sederhana dan Mudah!
youtube.com

Cara Merestart Laptop Asus dengan Sederhana dan Mudah!

Asus merupakan brand laptop yang populer di Indonesia dan juga menjadi produsen perangkat laptop dengan pemakai cukup banyak. Pada dasarnya laptop memang menjadi alat yang sering digunakan untuk setia harinya. Hal ini bisa menyebabkan risiko error atau kerusakan karena penggunaan secara terus menerus. Untuk itu pengguna harus tahu cara merestart laptop Asus.

Dengan merestart laptop Asus, maka bisa menjadi solusi untuk mengatasi berbagai masalah. Cara untuk melakukan hal tersebut bisa terbilang mudah dan sederhana. Karena itu banyak pengguna yang menyepelekan dan mengabaikan hal ini. Lalu jika pada akhirnya terjadi masalah pada laptop, pengguna jadi bingung tidak tahu apa yang harus dilakukan. Maka dari itu wajib pengguna tahu cara untuk merestart laptop terutama merk Asus ini.

Cara Merestart Laptop Asus dengan Sederhana dan Mudah!
youtube.com

Cara Merestart Laptop Asus dengan Sederhana dan Mudah Serta Manfaatnya!

Sebagai perusahaan yang memproduksi berbagai peralatan elektronik termasuk laptop, setiap tahunnya mereka selalu mengeluarkan seri dengan kualitas terbaik. Akan tetapi terlepas dari kualitas yang terbaik, laptop bisa saja terkena masalah. Misalnya seperti hang atau nge-lag yang dapat disebabkan dari perangkat laptop terlalu sering dipakai dan menggunakan mode sleep terlalu lama.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir karena kita akan membahas manfaat dan cara untuk merestartnya. Anda sebenarnya bisa melakukan restart dengan cara mematikan laptop dan dinyalakan kembali kemudian mencabut kabel daya atau baterai lalu tekan tombol reset. Risikonya cara ini bisa menyebabkan reaksi fatal untuk sistem operasi pada laptop. Berikut ini ulasan manfaat dan cara merestart yang bisa Anda lakukan.

Manfaat Melakukan Restart 

Merestart laptop tidak dilakukan tanpa tujuan tertentu. Pastinya fitur ini ada dari produsen perangkat lunak dan keras tidak memiliki fungsi tertentu. Berikut ini beberapa manfaat melakukan restart pada laptop:

  1. Mengatur Ulang Sistem

Penggunaan laptop setiap harinya bisa menyebabkan penumpukan terhadap kinerja dari komputasi. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada kinerja di laptop. Melakukan restart bisa membuat pengaturan sistem laptop kembali tanpa takut pengguna kehilangan data. Anda juga bisa mengatasi kondisi seperti performa laptop yang lambat. Jika ada pengaturan tanggal dan sistem menjadi kacau, bisa teratasi dengan melakukan restart dan pengaturan sistem akan diulang kembali. Selain itu melakukan restart bisa meningkatkan kinerja sistem pada laptop.

  1. Mengaktifkan Ulang Komponen Perangkat

Saat laptop digunakan setiap harinya dan secara rutin dengan tujuan bekerja atau hanya untuk kegiatan lainnya. Bisa jadi ada beberapa kondisi saat fungsi perangkat keras atau lunak tidak berjalan dengan baik. Hal ini bisa menyebabkan laptop mengalami error. Penyebabnya karena ada komponen pada hardware atau software hilang. Jadi untuk mengembalikan fungsi seperti sedia kala, merestart laptop menjadi solusi terbaik.

  1. Mengatasi Permasalahan Jaringan dan Aktivitas Berat

Ada beberapa penyebab dari penurunan kinerja pada laptop, salah satunya adalah aktivitas software yang berat dan sedang berjalan akan tetapi pengguna tidak mengetahuinya. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan restart. Selain itu juga jika mendadak perangkat laptop tidak bisa terhubung dengan internet, Anda bisa merestart laptop agar WiFi bisa terhubung kembali.

Saat penggunaan laptop sudah melewati batas, perangkat bisa terkena resiko mengalami kendala kinerja seperti error dan macet. Mungkin saja Anda pernah mengalami hal ini dan orang lain pengguna laptop juga. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara merestart laptop Asus. Berikut ini beberapa metode yang bisa pengguna lakukan:

Melalui Menu Start 

Mungkin pengguna laptop Asus sudah tidak asing dengan cara merestart laptop Asus yang pertama ini. Karena metode ini menjadi metode yang sering digunakan oleh banyak orang. Cara tersebut dengan menggunakan menu start, namun cara ini tidak melalui shortcut. Metode ini juga bisa digunakan untuk merk laptop lainnya.

Karena metode ini mudah untuk dipahami pengguna. Anda juga tidak membutuhkan shortcut di keyboard untuk melakukan metode ini karena melalui menu start. Berikut ini caranya:

  1. Pastikan laptop dalam keadaan menyala dan semua jendela aplikasi sudah tertutup.
  2. Selanjutnya, pilih menu start di bagian pojok bawah.
  3. Akan muncul beberapa menu dan cari opsi restart.
  4. Setelah itu klik dan laptop akan memulai proses restart.

Kombinasi Keyboard 

Sistem operasi memberikan shortcut untuk mengatasi berbagai kebutuhan salah satunya untuk melakukan restart. Caranya dengan menekan tombol CTRL + ALT + Delete, kemudian akan muncul jendela untuk melakukan restart. Pada jendela ini akan tampil beberapa informasi seperti task manager dan lainnya. Pengguna bisa memilih opsi sesuai kebutuhan.

Di deretan menu ini ada opsi untuk merestart dan mematikan laptop. Untuk merestart laptop Anda bisa memilih opsi restart dan laptop akan memuat sistem operasi secara otomatis. Kemudian untuk Windows 7 serta Vsta Anda bisa pilih panah di samping tombol daya berwarna merah pada sudut kanan bawah dan pilih opsi Restart,

Menggunakan ALT + F4

Cara merestart laptop Asus selanjutnya adalah dengan memanfaatkan shortcut pada laptop. Anda bisa menekan tombol pada keyboard Alt + F4 dan pilih opsi Restart kemudian tunggu laptop memulai ulang perangkat. Cara yang satu ini bisa menjadi salah satu jalan pintas. Anda tidak perlu menggunakan mouse dan berkelana di layar laptop. Dengan cara ini hanya cukup mengandalkan keyboard dengan satu cara dengan mudah.

Windows Run 

Cara yang satu ini juga bisa terbilang cukup umum untuk digunakan. Anda bisa memanfaatkan fitur yang sudah ada di perangkat laptop Asus. Fitur ini juga bisa digunakan untuk berbagai jenis laptop, merek, dan sistem operasi. Cara untuk melakukan cara ini juga mudah dan sederhana. Pertama-tama Anda bisa membuka melalui menu start atau dengan menekan Windows + R lalu ketik Restart-R. Mudah bukan caranya?

Melalui Command Prompt 

Cara merestart laptop Asus yang terakhir adalah melalui Command Prompt atau CMD. Command prompt atau CMD merupakan salah satu fitur yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan untuk melakukan berbagai perintah untuk laptop. Anda juga bisa melakukan restart menggunakan fitur ini pada sistem operasi. Berikut ini caranya:

  1. Klik menu start atau logo Windows pada laptop dan cari Windows System.
  2. Kemudian cari fitur Command Prompt atau CMD.
  3. Setelah itu klik iconnya.
  4. Selain itu Anda juga bisa menggunakan keyboard dengan menekan Windows + R dan tulis CMD lalu klik enter.
  5. Jika sudah, akan muncul jendela hitam CMD di layar laptop.
  6. Kemudian tulis perintah shutdown atau r.
  7. Setelah itu laptop akan secara otomatis akan merestart.

Cara-cara diatas ini juga bisa diterapkan pada laptop merk lain. Walaupun memang pada beberapa sistem operasi Windows yang berbeda letak icon bisa berubah. Akan tetapi pasti tidak akan berubah jauh berbeda. Selain bentuk icon yang mungkin berbeda, penamaan menu juga bisa saja berbeda.

Demikianlah cara merestart laptop Asus yang bisa Anda terapkan. Cara diatas tidaklah sulit dan terkesan sederhana juga mudah. Anda bisa melakukan reset ini secara mandiri. Cara ini juga sangat penting diketahui untuk mengatasi beberapa permasalahan pada laptop. Selamat mencoba.

 

Check Also

Cara Update Aplikasi di Laptop

2 Cara Update Aplikasi di Laptop Windows dengan Mudah

Cara update aplikasi di laptop bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu banyak langkah. Perangkat Windows …