Tuesday , April 30 2024
cara merestart laptop acer
pixels.com

Beginilah Cara Merestart Laptop Acer dengan Mudah dan Tidak Ribet!

Bagaimana cara merestart laptop Acer yang benar itu? Hal tersebut seringkali menjadi pertanyaan banyak orang yang mengalami kendala atau masalah pada laptopnya. Untuk itu, sebenarnya untuk merestart laptop tidaklah sulit untuk dilakukan tanpa harus pergi ke tempat servis. Walaupun begitu, banyak juga orang yang belum mengetahui tata cara untuk melakukannya. Nah, jika kamu termasuk golongan yang belum paham, jangan khawatir, simak penjelasannya detailnya berikut ini.

Laptop sekarang ini sudah masuk ke dalam daftar yang harus dimiliki kebanyakan orang, baik untuk pekerjaan maupun pelajar. Namun, seiring berjalannya waktu, laptop yang sering digunakan pastinya mengalami penurunan performa bahkan juga sering error. Nah, biasanya kondisi tersebut bisa ditangani dengan merestart laptop. Karena restart pada umumnya akan menjalankan ulang pada program yang masih aktif. Nah, untuk tata cara merestart juga sangat beragam, kamu dapat memperhatikan penjelasannya dibawah ini.

cara merestart laptop acer
pixels.com

Serangkaian Cara Merestart Laptop Acer

Ingin merestart laptop Acer karena sering mengalami error, namun tidak tahu caranya? Jangan khawatir, untuk merestart laptop tersebut tidaklah sulit untuk dilakukan. Selain itu juga terdapat berbagai cara yang bisa diterapkan seperti berikut ini diantaranya.

Merestart Laptop Acer Menggunakan Menu Start

Cara merestart laptop Acer yang pertama yaitu kamu dapat menggunakan menu start untuk melakukannya. Kamu cukup menggunakan menus start yang ada di OS Windows laptop kamu. Nah, untuk tata caranya yaitu sebagai berikut ini.

  1. Pertama-tama, kamu perlu membuka laptop, lalu klik icon windows pada bagian bawah layar.
  2. Setelah itu, klik Power lalu pilih opsi restart untuk mengawali merestart laptop kamu.
  3. Apabila opsi tersebut sudah diklik, maka secara otomatis laptop kamu akan melalui sebuah proses restart.
  4. Tunggu sampai proses restart selesai selama beberapa menit, setelah itu laptop akan menyala kembali dengan sendirinya.

Merestart Laptop Acer Menggunakan Command Prompt

Command Prompt juga menjadi salah satu cara merestart laptop Acer yang tergolong mudah. Fitur tersebut menggunakan kombinasi dengan keyboard laptop. Penasaran Gimana Caranya? Berikut ini tahapan untuk menggunakannya.

  1. Pada langkah awal, kamu perlu menekan bersama kombinasi antara tombol Windows + R pada keyboard.
  2. Setelah itu, ketik cmd di kolom open yang tersedia pada layar laptop, kemudian klik “Ok”.
  3. Apabila sudah, secara otomatis akan muncul tampilan Command Prompt di layar laptop.
  4. Nah, selanjutnya pada kolom C:UsersWIN10> ketikan shutdown/r ini akan berubah keterangannya menjadi :userwin10>shutdown/r. Kemudian, laptop secara otomatis akan melakukan proses restart dengan sendirinya.
  5. Dan yang terakhir, kamu hanya perlu menunggu proses restart tersebut hingga selesai, setelah itu laptop akan menyala kembali.

Merestart Laptop Acer Menggunakan Menu Run

Cara merestart laptop Acer dengan mudah yang berikutnya yaitu dengan menggunakan menu Run. Menu Run tersebut merupakan fitur bawaan yang terdapat di dalam laptop. Nah, berikut ini tahapan untuk menggunakan Run tersebut.

  1. Pertama-tama, kamu perlu mencari fitur Windows Run pada laptop atau juga bisa menekan kombinasi tombol keyboard Windows + R.
  2. Setelah itu di layar laptop akan muncul kolom pada fitur Run, kamu perlu mengetik Shutdown/r, lalu klik “Ok”.
  3. Maka secara otomatis laptop kamu akan melakukan proses restart. Sehingga kamu hanya perlu menunggu selama beberapa menit sampai proses tersebut selesai.

Merestart Laptop Acer Menggunakan Keyboard

Cara merestart laptop Acer selanjutnya yaitu dengan menggunakan Keyboard pada laptop. Untuk menggunakan keyboard ini terdapat beberapa kombinasi yang bisa digunakan. Berikut ini cara untuk menggunakan beberapa kombinasi keyboard untuk merestart laptop.

1. Menggunakan Kombinasi Keyboard Alt + F4

  1. Pertama-tama tekan secara bersamaan kombinasi keyboard alt + F4.
  2. Setelah itu, akan muncul beberapa opsi di menu Power, kamu perlu memilih opsi Restart, lalu tekan Enter.
  3. Maka secara otomatis laptop kamu akan melakukan restart. Tunggu sampai proses tersebut selesai, maka laptop kamu akan menyala kembali.

2. Menggunakan Kombinasi Keyboard Ctrl + Alt + Del

  1. Cara merestart laptop Acer menggunakan kombinasi keyboard yaitu tekan tombol Ctrl + Alt + Del.
  2. Apabila sudah muncul beberapa opsi di menu Power, pilih opsi Restart.
  3. Setelah itu, laptop akan melakukan restart, lalu kamu hanya perlu menunggu sampai prosesnya selesai. Maka setelah itu laptop akan menyala kembali.

3. Menggunakan Kombinasi Keyboard Windows XP

  1. Langkah awal yaitu tekan kombinasi keyboard Alt + f4 + R atau Start + R.
  2. Setelah itu, ikuti petunjuk yang ada di layar laptop, lalu pilih opsi Restart.
  3. Jika sudah, tunggu sampai proses restart selesai hingga laptop menyala kembali.

4. Menggunakan Kombinasi Keyboard Windows + X

  1. Pertama-tama cara merestart laptop Acer yaitu tekan kombinasi keyboard Windows + X pada laptop kamu.
  2. Setelah itu akan muncul serangkaian opsi, kamu perlu memilih yang Shutdown or Sign Out.
  3. Apabila sudah, selanjutnya pilih Restart, maka secara otomatis laptop akan melakukan proses restart.
  4. Tunggu sampai proses restart selesai, maka laptop akan menyala kembali.

5. Menggunakan Keyboard Pada laptop Windows 7

  1. Langkah awal yaitu tekan kombinasi Alt + F4 > R > Enter atau juga bisa dengan tombol Start > Home (arah kanan) 2 kali > R.
  2. Setelah itu ikuti arahan yang tersedia di layar, lalu pilih Restart jika terdapat opsi tersebut.
  3. Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu sampai prosesnya selesai.

Nah, itulah serangkaian cara merestart laptop Acer yang tentunya mudah dan tidak ribet untuk dicoba. Sehingga kamu bisa langsung mempraktekkannya dari rumah tanpa harus pergi ke tukang service laptop. Lantas apakah kamu sudah mengetahui manfaat merestart laptop yang sebenarnya? Jika belum tahu, yuk simak penjelasan detailnya berikut ini.

Manfaat Melakukan Restart Pada Laptop

Bagi beberapa pengguna laptop pastinya tidak asing lagi dengan fitur restart. Pada umumnya merestart laptop ini digunakan untuk beberapa hal penting. Restart laptop ini juga sangat aman untuk dilakukan karena tidak menyebabkan data-data pada laptop kamu terhapus. Namun, perlu kamu ketahui juga, merestart dan mereset itu tidak sama. Restart itu bertujuan untuk mengatasi permasalahan ringan seperti laptop yang mengalami error, atau masalah kecil lainnya. Sedangkan reset bertujuan untuk memulai ulang sistem atau mengembalikan ke pengaturan pabrik. Jadi jangan sampai salah untuk mengartikannya.

Selain yang disebutkan restart juga memiliki manfaat lainnya untuk laptop. Restart tersebut akan berfungsi untuk mematikan laptop namun juga akan menghidupkannya kembali secara otomatis tanpa harus menekan tombol power. Adapun beberapa manfaat restart untuk laptop yang perlu kamu perhatikan berikut ini.

  1. Mengatur ulang sistem pada laptop tanpa menghapus data-data didalamnya.
  2. Mengaktifkan lagi komponen software maupun hardware.
  3. Untuk menghentikan aplikasi berat yang bisa menghambat kinerja pada laptop.
  4. Mengatasi internet maupun Wifi pada laptop yang sedang bermasalah.
  5. Memulai ulang memori serta CPU pada laptop.

Demikian informasi mengenai serangkaian tata cara merestart laptop Acer serta manfaatnya yang perlu diperhatikan. Nah, sekarang tentunya kamu sudah tahu cara-caranya, sehingga bisa langsung untuk diterapkan dari rumah. Kamu dapat memilih salah satu cara yang sudah dijelaskan di atas untuk menerapkannya pada laptop ketika sedang mengalami masalah seperti error. Namun, jika masalah pada laptop kamu tidak mempan dengan cara tersebut atau memiliki masalah yang berat, sebaiknya perlu untuk mendatangi tempat service.

 

Check Also

Cara Membersihkan Karpet Permadani Tanpa Merusak Kualitasnya

Cara Mereset Ulang Laptop dengan Langkah yang Bisa Dipilih!

Cara mereset ulang laptop pada dasarnya memiliki beberapa langkah. Ketika ingin mencoba cara yang biasanya …