Sunday , April 28 2024
5 Cara Menyambungkan WiFi di Laptop Paling Banyak Dicari
itkoding.com

5 Cara Menyambungkan WiFi di Laptop Paling Banyak Dicari

Cara menyambungkan WiFi di laptop sebenarnya sangat mudah. Sayangnya, masih banyak pengguna laptop yang kebingungan menyambungkan WiFi . Bahkan kesulitan mengakses internet.

Hal ini karena tidak semua laptop membekali dirinya dengan fitur tombol WiFi. Padahal sebagian besar aktivitas membutuhkan laptop dengan koneksi internet sebagai media penunjang menyelesaikan pekerjaan.

Cara Menyambungkan WiFi di Laptop Paling Banyak Dicari
itkoding.com

5 Cara Menyambungkan WiFi di Laptop

Bagi Anda yang masih kebingungan bagaimana cara menyambungkan WiFi di laptop, ada banyak cara mudah melakukannya. Beberapa cara berikut ini juga bisa menjadi pilihan. Pilih saja mana yang paling mudah menurut Anda.

Pakai Tombol FN

Tombol fungsi standar ini berada di jajaran tombol keyboard, tepatnya di baris paling atas. Cara mengaktifkan WiFi di laptop dengan mengfungsikan tombol Fn cukup mudah.

Cukup menekan tombol Fn bersamaan dengan ikon network bergambar sinyal. Ada indikator lampu yang menyala sebagai pertanda bahwa Wifi telah berhasil diaktifkan. Cara ini berlaku apabila memang ada tombol khusus untuk setting WiFi laptop tersebut.

Adapun tombol Fn untuk menyambungkan WiFi bila laptop tidak memiliki tombol khusus WiFi yaitu dengan memadukan tombol Fn dan Wifi Key. Tekan dua tombol secara bersamaan. Anda bisa menemukan tombol WiFi Key pada salah satu tombol F1 hingga F12.

Masih ingin tahu cara menyambungkan WiFi di laptop yang tak kalah mudah? Anda bisa menyimak tutorial selanjutnya.

Lewat Windows Setting

Melalui panel pengaturan, Anda juga bisa mengaktifkan sekaligus menonaktifkan WiFi. Cara mudah ini banyak menjadi pilihan para pengguna.

Langkah-langkah menggunakan menu setting untuk menyambungkan WiFi adalah silahkan klik tombol Start kemudian lanjutkan mengklik opsi Setting. Bila sudah, pilih menu Network & Internet.

Pada jendela baru silahkan pilih tab WiFi kemudian geser tombol WiFi ke posisi on. Biasanya tombol akan berubah warnanya sebagai pertanda WiFi berhasil diaktifkan.

Cara menyambungkan WiFi di laptop melalui Windows setting berlaku untuk laptop Windows 10. Windows setting memiliki banyak fungsi. Anda juga bisa mengandalkannya untuk mengubah semua pengaturan sesuai kebutuhan, seperti mode status, dial up, VPN, mobile hotspot, dan mode pesawat.

Dengan Windows Search

Fitur pencarian di Windows 10 menjadi opsi terbaik untuk mencari apapun yang Anda perlukan, mulai dari file perangkat, email, aplikasi, hingga setting tertentu.

Bagi pengguna perangkat tentu keberadaan Windows search membantu sekali. Hanya butuh waktu sebentar untuk dapat membuka halaman yang Anda butuhkan, termasuk mengaktifkan WiFi.

Cara menggunakan Windows search adalah silahkan klik ikon Search pada taskbar. Ada juga bisa mengklik tombol Windows untuk membuka Windows search.

Selanjutnya, ketikkan kata kunci pencarian. Karena hendak mengaktifkan WiFi, maka ketikkan WiFi.

Kemudian lanjutkan dengan pilih opsi WiFi settings, lalu aktifkan WiFi. Anda bisa mengecek pada ikon sinyal yang terletak di sudut kanan bawah layar laptop.

Pakai Adapter

Cara menyambungkan WiFi di laptop berikut juga menjadi pilihan favorit pengguna. Sebelumnya, silakan lakukan pengecekan apakah adapter WiFi sudah aktif atau belum.

Bila sudah, silahkan menuju bagian Control panel. Lanjutkan dengan mengklik Network & Internet.

Lanjutkan dengan tap sub menu Network and Sharing Center. Kemudian lanjutkan cara menghubungkan WiFi di laptop dengan klik Change adapter settings.

Kemudian klik kanan pada WiFi yang saat ini sedang Anda pakai. Terakhir klik Enable.

Anda bisa menerapkan cara ini untuk Windows 7, 8, dan 10. Pastikan koneksi internetnya lancar sehingga ketika WiFi berhasil terhubung Anda bisa langsung menggunakannya.

Aktifkan dengan Network Troubleshooter

Tak sekedar memberitahukan kesalahan yang muncul pada jaringan. Ternyata Network Troubleshooter juga berfungsi mengaktifkan WiFi.

Panduan menggunakannya untuk mengaktifkan WiFi adalah terlebih dahulu klik opsi Start. Kemudian kunjungi menu Setting, lalu klik opsi System.

Tahap berikutnya adalah silahkan klik Troubleshoot kemudian klik Other troubleshooter. Temukan menu Other yang terletak di bagian bawah. Terakhir, pilih opsi Network adapter dan lanjutkan dengan pilih opsi Run.

Dari 5 cara menghubungkan WiFi dalam ulasan tadi, manakah yang paling simpel dan cepat? Sebaiknya jangan menguasai satu cara saja. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila terjadi kesalahan teknis, misal tombol Fn tidak berfungsi dengan baik.

Bila sudah mengetahui cara menyambungkan WiFi di laptop, ada baiknya juga mengetahui bagaimana cara setting WiFi di perangkat yang Anda gunakan.

Check Also

Cara Update Aplikasi di Laptop

2 Cara Update Aplikasi di Laptop Windows dengan Mudah

Cara update aplikasi di laptop bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu banyak langkah. Perangkat Windows …