Monday , April 29 2024
4 Cara Menyambungkan Proyektor ke Laptop, Presentasi 100% Lancar
unsplash.com

4 Cara Menyambungkan Proyektor ke Laptop, Presentasi 100% Lancar

Cara menyambungkan proyektor ke laptop dicari ketika Anda membutuhkan layar lebih luas untuk presentasi atau kegiatan lain sejenisnya. Terkadang beberapa aktivitas juga membutuhkan dual display guna menunjang produktivitas.

Misalkan untuk presentasi dan memaparkan penjelasan atau presentasi, baik dalam bentuk teks, gambar, animasi, atau bahkan video. Kehadiran proyektor membuat penyampaian kepada audiens menjadi lebih mudah dimengerti.

Cara Menyambungkan Proyektor ke Laptop, Presentasi 100% Lancar
unsplash.com

Cara Menyambungkan Proyektor ke Laptop Paling Simpel

Cara menyambungkan proyektor ke laptop berarti membutuhkan peralatan penunjang, seperti converter, kabel VGA, dan lain-lain. Jika pekerjaan Anda begitu membutuhkan tampilan layar lebih luas dengan proyektor, tetapi tidak tahu bagaimana caranya, silakan ikuti panduan berikut ini.

1. Mengandalkan Aplikasi Wireless Bawaan

Tidak semua proyektor memiliki aplikasi bawaan ini. Untuk memastikannya, silakan cek di buku panduan. Proyektor yang membekali dirinya dengan aplikasi wireless bawaan adalah keluaran terbaru.

2. Mengandalkan Converter VGA to HDMI

Ketika memilih opsi Converter VGA to HDMI, maka Anda akan menggunakan pintasan Windows + P sebagai cara menghubungkan proyektor ke laptop. Seiring berjalannya waktu, sulit menemukan port VGA ada pada laptop.

Supaya proyektor tetap terhubung ke laptop tanpa kendala, Anda memerlukan elemen penunjang bernama  Converter VGA to HDMI.

Panduan menggunakannya adalah silahkan colokkan converter ke laptop. Setelah kabel terhubung, lanjutkan cara menyambungkan proyektor ke laptop dengan menekan tombol Windows dan P. Anda juga bisa menggunakan tombol keyboard ber-icon Windows. Tekan dua tombol tersebut bersamaan.

Selanjutnya layar akan menampilkan berbagai opsi layar. Silahkan memilih output layar sesuai kebutuhan. Lalu pilih opsi Duplicate. Jika cara yang Anda tempuh benar, maka apa yang tampil ke proyektor akan sama dengan yang ada pada laptop.

Peran komponen Converter VGA to HDMI tidak sebanding dengan harganya. Harga alat sekitar Rp 60.000 saja di pasaran. Pastikan Converter VGA to HDMI yang Anda beli asli dan berkualitas baik.

3. Gunakan Fitur Miracast

Beberapa proyektor wireless atau tanpa kabel memiliki fitur Miracast. Fitur ini memungkinkan pengguna yang membutuhkan proyektor agar tetap terhubung ke laptop.

Tanpa menggunakan kabel, panduan menggunakan fitur Miracast adalah cukup menekan logo Windows dengan K. Tekan keduanya secara bersamaan untuk mencari fitur Miracast atau menemukan device yang terkoneksi ke laptop.

Temukan bagian Connect to A Wireless Display, silakan klik opsi tersebut. Lanjutkan dengan klik Projector. Tunggu beberapa saat supaya proyektor terhubung baik  dengan laptop.

4. Gunakan Perangkat Buatan Google

Google telah merilis perangkat buatan yang memungkinkan terhubung dengan banyak perangkat lain. Contohnya speaker, televisi, dan proyektor. Perangkat ini bernama Chromecast.

Perangkat berupa adaptor HDMI. Fungsinya adalah mengkoneksikan TV dengan gadget dengan bantuan internet.

Cara setting perangkat Chromecast untuk proyektor adalah menghubungkan laptop dengan Chromecast yang sudah terpasang pada proyektor. Ketika berhasil menyambungkan, maka segala apa yang ada di laptop akan keluar dari proyektor dan muncul dengan tampilan lebih besar. Jadi, audiens bisa menyimak penjelasan Anda melalui tampilan tersebut.

Aplikasi MirrorOP Sender dan Mobishow

Bila cara sebelumnya belum juga berhasil, langkah amannya adalah silahkan menginstal aplikasi supaya terhubung ke proyektor secara wireless. Aplikasi ini tersedia dalam versi berbayar, sehingga jika tidak begitu membutuhkan lebih baik tidak menginstalnya.

Selain cara menyambungkan proyektor ke laptop, ada baiknya Anda juga tahu bagaimana langkah menghidupkan proyektor. Caranya pun cukup simpel.

Dengan menggunakan kabel Power, silahkan menghubungkan Proyektor dengan sumber listrik. Periksa apakah lampu indikator menyala orange. Bila iya, maka proyektor siap digunakan.

Selanjutnya, silakan buka tutup lensa. Bila sudah, lanjutkan mengklik tombol Power. Tekan dan tahan beberapa saat hingga lampu indikator berwarna hijau. Display membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 30 detik untuk bisa tampil penuh.

Supaya cara menyambungkan proyektor ke laptop berhasil, nyalakan semua peralatan input seperti notebook, video player, CPU, dan lain-lain. Kemudian tekan Source untuk menentukan input tampilan layar.

Apakah cara menyambungkan proyektor ke laptop pada ulasan tadi membantu Anda? Sebaiknya Anda menguasai salah satunya agar presentasi berhasil tanpa kendala. Selamat mencoba!

Check Also

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

4 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Jaga Privasi dan Keamanan 

iPhone merupakan salah satu merk smartphone yang selalu memiliki banyak peminat. Dengan demikian pengguna iPhone …