Sunday , April 28 2024
4 Cara Menjernihkan Kamera Laptop, Meeting Online Lancar Jaya
istockphoto.com

4 Cara Menjernihkan Kamera Laptop, Meeting Online Lancar Jaya

Cara menjernihkan kamera laptop terdapat beberapa metode yang bisa pengguna lakukan dan coba hanya beberapa menit saat tidak membutuhkan waktu lama. Kamera laptop juga seperti kamera digital atau DSLR harus Anda rawat serta bersihkan teratur. Hal ini agar laptop kamera tidak kotor atau turun performanya.

Kamera pada PC, komputer, atau laptop jika buram atau blur itu terdapat banyak penyebabnya. Mulai dari adanya debu yang menempel atau hal lainnya. Jika hal tersebut Anda biarkan tentu membuat kamera tidak jernih atau bisa menghambat meeting online.

Maka dari itu, Anda sebagai pengguna harus melakukan perawatan dan pembersihan kamera secara benar. Langsung saja berikut artikel kami ini memberikan beberapa caranya dalam menjernihkan kamera laptop

4 Cara Menjernihkan Kamera Laptop, Meeting Online Lancar Jaya
istockphoto.com

Cara Menjernihkan Kamera Laptop dengan Benar

Terdapat banyak metode atau cara menjernihkan kamera laptop bisa Anda coba sekarang. Bagi para pekerja dengan sistem remote working mungkin pernah melakukan meeting bersama atasan secara online. Dimana hal tersebut tentu menggunakan metode tatap muka secara online.

Hal tersebut membutuhkan kamera laptop bagus dan jernih. Agar tidak menghambat meeting pada saat itu. Namun bagi Anda jangan takut lagi, karena kamera laptop bisa dijernihkan dengan berbagai cara. Untuk caranya tidak membutuhkan waktu lama. Berikut beberapa metode beserta caranya:

1. Bersihkan Lensa Kamera Laptop

Cara menjernihkan kamera laptop  ketika meeting online dan video yang pertama yakni membersihkan lensa webcam bawaan di PC. Tentunya ini menjadi langkah awal dan paling mudah perlu Anda lakukan. Memang bagi sebagian orang tidak memperhatikan kebersihan dari perangkat kamera laptop sendiri.

Bahkan sejak awal beli perangkat keras PC sama sekali tidak dibersihkan. Guna membersihkannya, hanya perlu menggunakan cairan pembersih lensa dan kain kacamata. Cara pembersih lensa juga bisa Anda terapkan pada cara membersihkan lensa proyektor. Akan tetapi, sebaiknya jangan menggunakan tisu.

2. Menggunakan Tambahan Cahaya dari Lampu

Cara menjernihkan kamera laptop  kedua yakni dengan menggunakan tambahan cahaya yang mendukung. Anda bisa menggunakan cahaya matahari langsung dengan menemukan spot-spot terpapar langsung oleh sinar surya seperti dekat jendela ruangan.

Akan tetapi, jika malam mungkin hal itu tidak bisa Anda lakukan. Sehingga cara agar kamera pada laptop jernih menambahkan pencahayaan dari lampu. Anda bisa menggunakan ring light atau lampu tambahan jenis lainnya bisa dibeli secara online.

3. Menyambungkan Kamera HP ke Laptop

Untuk kamera laptop jernih dan juga menghemat dana bisa mencoba cara ketiga ini yaitu dengan menggunakan kamera HP sebagai pengganti kamera bawaan dari PC. Caranya juga mudah, hanya perlu mengunduh APK pendukung seperti Droidcam Wireless guna menyambungkan kamera HP Anda ke PC. Droidcam sendiri merupakan APK didukung oleh Android dan iOS untuk menggantikan peragkat webcam pada laptop.

Berikut cara menjernihkan kamera laptop  menggunakannya dengan APK Droidcam:

  • Unduh dan instal Aplikasi Droidcam Wireles di laptop.
  • Unduhlah di Google Play Store atau APP Store.
  • Sambungkan laptop ke ponsel dengan jaringan sama.
  • Buka APK Droidcam pada laptop dan HP Anda.
  • Setelah terhubung Wifi akan muncul pada APK Droidcam di HP Anda.
  • Masukkan IP address pada kolom di PC.
  • Lalu Restart.

4. Pemilihan Background

Cara berikutnya yaitu dengan pemilihan baground. Pemilihan background sebenarnya sangatlah peting dalam membuat tampian kamera laptop tetap jernih. Sudah pasti kurang menarik jika background terkesan berantakan. Itulah mengapa Anda harus kembali mencari sudut tepat dalam proses meeting online. Jika memungkinkan, background Anda bisa berupa dinding polos atau dengan rak buku.

Jadi nanti terkesan lebih simpel dan rapi. Guna mengatasi background kurang enak dipandang, terlebih guna keperluan profesional seperti meeting dengan client. Aplikasi seperti Zoom dan Google Meet sudah mempunyai fitur penggantian background secara otomatis pada layar.

Cara keempat ini mungkin tidak diperhatikan oleh para pengguna. Karena mungkin sepele atau tidak begitu penting. Pada kenyataan pemilihan background juga menjadi salah satu cara agar webcam pada PC jerih serta bagus.

4 cara menjernihkan kamera laptop  di atas bisa menjadi pilihan terbaik agar meeting dan pekerjaan online Anda berjalan lancar tanpa webcam blur. Jadi dengan memilih salah satu cara tersebut kondisi dimana kamera tidak jernih tidak akan Anda hadapi.

Check Also

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

4 Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Jaga Privasi dan Keamanan 

iPhone merupakan salah satu merk smartphone yang selalu memiliki banyak peminat. Dengan demikian pengguna iPhone …